Alhamdulillah, Akademi Dakwah Indonesia Kini Berdiri di Medan

Ir H Heri Batanghari Nst,MPsi dan para tokoh DII saat malam Galadinner peluncuran Akademi Dakwah Indonesia di Medan.(Kanalmedan/Dok.Humas) w
Ir H Heri Batanghari Nst,MPsi dan para tokoh DII saat malam Galadinner peluncuran Akademi Dakwah Indonesia di Medan.(Kanalmedan/Dok.Humas)

KANALMEDAN – Alhamdulillah, impian masyarakat Islam di Sumatera Utara (Sumut) untuk memiliki Akademi Dakwah kini terujud. Adalah Dewan Dakwah Islam Indonesia (DII) yang mewujudkan gagasan mulia itu.

“Berdirinya Akademi Dakwah Indonesia ini merupakan impian yang sudah lama digagas”, kata H. Chairul Azhar, SSi MSi, Direktur Akademi Da’wah Indonesia (ADI) Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia pada Malam Galadiner Peluncuran Akademi Da’wah Indonesia di Restoran JM Bariani Jl Pemuda Medan, Ahad 5 Agustus 2018.

Sementara Dr. H. Zamaskhari Hasballah ,Lc.,MA Wakil Direktur Akademi Da’wah Indonesia Sumatera Utara menjelaskan, angkatan pertama mahasiswa yang diterima hanya 20 orang. Masa perkuliahan dilakukan 2 tahun dengan bobot 91 SKS sisitem pendidikan adalah ber-Asrama dan mahasiswanya berasal dari pondok pesantren terbaik yang diseleksi secara profesional. Pelaksanaan kegiatan sepenuhnya di Kampus Pesantren Al Manar, Jl Karya Bakti Medan

Ir. H.Heri Batangari Nst, M.Psi, Bendahara Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia yang juga Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Provinsi Sumut, kepada wartawan mengatakan bahwa pembiayaan Akedemi Dakwah Indonesia ini sepenuhnya dari Donatur yang dikelola oleh Laznas Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia yang secara badan hukum di tingkat Provinsi telah disahkan oleh Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara serta pada tingkat nasional melalui keputusan menteri Agama RI.

Bagi masyarakat muslim khususnya yang berada di Sumatera Utra yang ingin membantu program ini dapat berhubungan dengan Laznas Provinsi Sumatera pada alamat kantor Jl Brigjendi Katamso no 325 Medan.”

Kegiatan malam gala dinner ini dihadiri para tokoh diantaranya Prof.Dr.ret.nart Efendi Delux Putra, Prof. Hari Agusnar, dr. Delphi,SpM, Ir.H. Asrul Hasan MM, dr. Delyuzar Haris, H. Zailani (Kakanwil BSM Sumatera) dan tamu lainnya.

“Alhamdulilah telah ada 10 orang tua asuh berkomitmen mendanai program ini. Bagi masyarakat yang berkeiginan untuk membantu dapat mentransfer bantuan melalui Bank Syariah Mandiri dan ADI Sumut nomor rekening 7766008881,” tutup Heri Batangari.

Direktur ADI, Ketua Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Husein dalam sambutanya pada malam Gala Dinner itu menyatakan,  dengan kesadaran bahwa unsur gerakan dakwah itu adalah da’i. Maka Dewan Da’wah di tingkat Nasional maupun Provinsi mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID), serta Akademi Da’wah (ADI) pada tingkat Kabupaten/Kota lembaga non formal.

Tujuannya adalah sebagai wahana untuk menyiapkan da’i penerus risalah yang akan bertugas nantinya menyelesaikan seluruh kewajiban pendidikan di daerah-daerah pedalaman atau pinggiran kota di seluruh Indonesia, terkhusus Sumatera Utara. (Jen)

Print Friendly

About The Author

Related posts