Jadikan Momentum Hari Kemerdekaan Membangun Kota Medan

KANALMEDAN – Pemko Medan menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia  tahun 2018 di Lapangan Benteng Medan, Jumat (17/8). Pelaksanaan upacara berlangsung tertib dan penuh khidmat, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Camat Medan Tuntungan Gelora Kurnia Putra Ginting SSTP MM selaku komandan upacara.

Prosesi pengibaran bendera dimulai sekitar pukul 08.00 WIB diawali dengan laporan komandan upacara  kepada inspektur upacara. Diteruskan dengan pembacaan doa dan pengibaran bendera oleh 44 anggota Paskibra Kota Medan yang berasal dari sejumlah SLTA di Kota Medan. Kemudian diteruskan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung. Setelah itu Wali Kota membacakan teks Pancasila diikuti seluruh peserta upacara.

Sebelum pengibaran bendera Merah Putih dilakukan, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Medan H Al Ahyu MA membacakan doa. Setelah itu barulah  Paskibraka Kota Medan dipimpin Tengku Muhammad Iklil Yaoedin dari Sekolah Swasta SMA Al Ulum selaku komandan pasukan, sedangkan pembawa baki  sang Saka Merah Putih adalah  Anggie Reka Fatmala, siswa SMA  Swasta Panca Budi.

Proses pengibaran bendera berjalan dengan lancar, para Paskibraka Kota Medan dengan langkah tegap serta melakukan sejumlah formasi berhasil mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih dengan baik diiringi lagu Indonesia Raya. Upacara pengibaran bendera ditutup dengan mars Andika Bhayangkara,

Selain Apratur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan,  upacara pengibaran bendera turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution  MSI, Sekda Kota Medan Ir H Syaiful Bahri Lubis, unsur Forkopimda Kota Medan diantaranya Kapolrestabes  Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH, Wakil Ketua TP PKK  Nurul Khairani Akhyar, asisten, pimpinan OPD, camat, kepling, pelajar serta undangan.

Usai Upacara pengibaran bendera, Wali Kota mengajak seluruh masyarakat, terutama generasi muda agar Hari Kemerdekaan Indonesia Ke -73  yang telah dipersembahkan para pahlawan bangsa dengan mengorbakan seluruh jiwa dan raga. Dikatakannya, pemaknaan itu dapat diwujudkan dengan senantiasa mengingat  serta menghargai jasa – jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan tersebut.

“Itu bisa kita aplikasikan  dengan selalu menjiwai dan meneladani  pergorbanan yang telah dilakukan para pejuang.Tugas kita sekarang bagaimana mengisi kemerdekaan yang telah dipersembahkan para pejuang dengan pembangunan di segala bidang, terutama di Kota Medan. Insha Allah dengan kebersamaan, kita bisa menjadikan kota yang kita cintai ini menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata Wali Kota.

Oleh karenanya Wali kota mengajak semua untuk berjuang bersama dalam membangun Kota Medan.  Sebab, pembangunan yang dilakukan Pemko Medan saat ini berdasarkan aspirasi dari masyarakat terbawah.  “Apapun hambatannya harus kita perjuangkan bersama sehingga pembangunan yang dilakukan dapat terwujud,” ungkapnya.

Selain itu tambah Wali Kota, pembagunan yang dilakukan juga harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara maupun Pemerintah Pusat. Semua dukungan  itu, jelasnya,  disatukan untuk membangun Kota Medan.

Jika pun dalam pembangunan yang dilakukan masih ditemukan kekurangan sehingga belum memuaskan masyarakat Kota Medan sepenuhnya, Wali Kota pun menyampaikan permintaan maaf. Dikatakannya, dirinya beserta seluruh jajaran Pemko Medan akan terus bekerja maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi warga Kota Medan.

“Kita akan terus meningkatkan kinerja sehingga hasil pembangunan yang dilakukan dapat dirasakan masyarakat. Meski demikian saya kembali mengingatkan, Pemko Medan tidak dapat membangun sendiri tanpa dukungan penuh dari sleuruh lapisan masyarakat. Karena itulah mari kita jadikan momentum Hari Kemerdekaan ini untuk membangun Kota Medan bersama-sama,” harapnya. (partono)

 

Print Friendly