Buka Diklatpim III, Wagubsu Minta Layanan Publik Ditingkatkan

wagubsu 3KANALMEDAN-Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjen TNI (Purn) Dr.Nurhajizah Marpaung SH,MH membuka Diklat Kepemimpinan tingkat III angkatan XIII di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya manusia provinsi sumatera utara medan (15/8/2017).

Dalam sambutannya Wakil Gubernur  mengatakan peningkatan kinerja aparatur dalam rangka pemberian pelayanan publik merupakan program utama pemerintah dewasa ini.

“Program ini dilatarbelakangi oleh makin menguatnya tuntutan masyarakat terhadap ketersediaan pelayanan yang prima efisien dan terjangkau. Untuk itu pegawai negeri sipil sebagai pelaku utama pelayanan dituntut untuk mengaktualisasikan kinerja pelayanan secara optimal, baik pelayanan publik yang bersifat langsung maupun tidak langsung,” ujarnya.

Peningkatan kemampuan/kompetensi Pegawai Negeri Sipil sangat diperlukan untuk peningkatan kualitas kinerja pemerintah saat ini. Organisasi dengan kinerja yang baik harus memperhatikan 4 unsur yaitu proses,orang (SDM), Teknologi dan kepemimpinan.

Keempat unsur ini menurutnya apabila bekerja secara simultan dimana kunci penggerak utamanya ada pada peran SDM mengelola SDM  tidak dapat lagi dengan paradigma lama.

Dengan mengaanggap SDM sebagai tenaga kerja namun sebagai makhluk sosial. Harus dikelola sebagai sumber daya yang kualitas kinerjanya dapat lebih di maksimalkan.

Hal inilah yang menyebabkan pentingnya manajemen sumber daya manusia. Hal ini sejalan dengan bunyi pasal 10 undang undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara yang menyatakan bahwa pegawai ASN berfungsi sebagai pelaksana kebijakan publik,pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa.(hms)

Print Friendly