Medan Jajaki Sister City Dengan Salah Satu Kota di Rusia

Sister-city

KANALMEDAN – Pemko Medan tengah menjajaki kerjasama dengan salah satu Kota di Rusia yakni Roston on Don. Tujuan kerjasama yang akan dilakukan itu dalam upaya untuk mengembangkan sekaligus memajukan kedua kota. Direncanakan, kerjasama yang dilakukan nanti dalam bentuk sister city (kota kembar).

Demikian terungkap ketika Wali kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menandatangani kesepakatan untuk bekerjasama dengan Wakil Wali Kota Rostov on Don, Mr Dmitriy Chernyshov di Hermitage Garden, Kota Moskow, Rusia, Sabtu (5/8/2016).

Dalam kesepakatan yang ditandatangani tersebut, baik Eldin maupun Dmitriy sepakat ingin bersama membangun kerjasama dalam pengembangan kedua kota yang selaras dan saling menguntungkan. Penandatanganan kesepakatan ini bisa terwujud difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow dan pihak Kementrian Luar Negeri (Kemenlu).

Dijelaskan Wali Kota, Kota Medan dan Kota Roston on Don telah menyatakan keinginannya untuk menjajaki kemungkinan pembentukan kerjasama sister city. Guna mewujudkan hal itu, Wali Kota mengatakan telah menyerahkan draft Letter of Intent (LoI) untuk pertumbangan lebih lanjut dari kedua belah pihak.

Selanjutnya dalam pertemuan dengan Wakil Wali Kota Roston on Don, jelas Wali Kota, mereka sama-sama telah mengindentifikasikan sektor kerjasama yang memungkinkan dapat mendukung membangun hubungan baik dengan berdasarkan prinsip kesetaraan dan keuntungan bersama untuk pengembangan kedua kota.

“Selain itu dalam pertemuan tersebut, kita juga telah mengekspresikan minat bersama untuk mempromosikan persahabatan antar kedua kota melalui pembentukan kerjasama sister city, untuk meningkatkan pengertian bersama melalui diskusi dan konsultasi reguler mengenai program pertukaran dan kerjasama tertentu, serta melakukan upaya yang tiada henti untuk mengembangkan hubungan persaudaraan,” kata Wali kota.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini kemudian mengungkapkan lagi, baik dirinya maupun Wakil Wali kota Roston on Don juga telah bersepakat tentang detail dari elemen-elemen yang memungkinkan dan ruang lingkup kerjasama yang dapat didiskusikan untuk dirumuskan dalam draf pada waktunya, guna memenuhikebutuhan kelanjutan dan prosedur internal masing-masing untuk meningkatkan Memorandum of Understanding (MoU).

Yang terakhir, ungkap Wali Kota, dirinya bersama Wakil Wali Kota Roston on Don dalam kesepakatan itumenyampaikan komitmen bersama utuk melakukan kerjasama yang disepakati melalui koordinasi reguler difasitasi saluran diplomatik yang diselenggarakan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia dan Kementrian Luar negeri Federasi Rusia.

Usai penandatanganan kesepakatan, Wali Kota Medan didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin selanjutnya menyerahkan cindera mata kepada Wakil Wali Kota Roston on Don. Setelah itu giliran Hj Rita Maharanimenyerahkan cendera mata berupa Batik dan Songket Medan dari Maharani Gallery yang merupakan hasil kerajinan batik para pelaku UMKM di Kota Medan istri Wakil Wali kota, Roston on Don (H)

Print Friendly