Melalui TMMD Ke 99 ,TNI Buka Pintu Rezeki Bagi Warga Sicanang

MEDAN-Melalui program sasaran fisik dan non fisik TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reg 99 Kodim 0201/BS sudah banyak yang dirasakan masyarakat setempat manfaatnya .Selain bisa memanfaatkan hasil kerja Satgas TMMD,masyarakat juga mendapatkan rezeki baru tambahan.

Seperti saat dilaksanakan penyuluhan pertanian tentang cara pembuatan ramuan organik Tanah ( Rotan ) dan Ramuan Organik hama ( Roma) serta ramuan organik Ternak ( Roter ) kepada para petani dan peternak dan nelayan di Kampung Sentosa Lingkungan 18 dan 20 Sicanang Belawan.Dengan adanya program non fisik ini masyarakat akan menambah penghasil barunya.

“Saya gak mikir, ternyata bahan-bahan tumbuhan yang ada disekitar rumah saya itu bisa dimanfaatkan untuk ramuan bahan organik, syukurlah kedatangan Satgas TMMD Kodim 0201/BS ke Sicanang memberikan penyuluhan bisa membuka mata kami dan memberikan pemasukan besar untuk kebutuhan kami kedepeannya,”ungkap Yetno (44).

Kami semua warga disini sangat berterima kasih kepada bapak Panglima TNI,Pangdam 1/BB dan Dandim 0201/BS serta para Prajurit yang tergabung di Satgas TMMD yang ada di Sicanang.Karena telah membukakan pintu rezeki baru dengan memberikan penyuluhan dan manfaat-manfaat tanah yang dikandung ada di Sicanang.

“Terima kasih TNI yang telah memperhatikan kami rakyat kecil dan pra sejahtera, semoga kegiatan ini berkelanjutan dan bisa tepat ke- sasarannya sehingga Rakyat Indonesia bisa sehat dan sejahtera ditanah air yang subur ibu pertiwi indonesia ini,”ungkap bapak dua anak ini usai menerima penyuluhan program sasaran non fisik TMMD ke 99 Kodim 0201/BS.

Selain itu,masyarakat yang berjualan dikawasan tersebut penghasilannya bertambah karena warungnya laris setelah datangnya ratusan Prajurit Kodam 1/BB yang tergabung di Satgas TMMD ke 99 Kodim 0201/BS untuk memajukan kampung tersebut melalui program TMMD.

“Alhamdulilah lumayan bang,sejak ada TMMD disini (Sicanang) penghasilan kami bertambah bang naik 50 persen setelah ada bapak-bapak tentara (TNI,red) membangun disini.Ya ,maunya sih program nya berkelanjutan disini agar kami sejahtera masyarakat disini,”ungkap
Wahyuni (36) salah satu pemilik warung dikawasan Sicanang.

Pantauan wartawan ini di lokasi pelaksanaan TMMD ke 99 Kodim 0201/BS , kegiatan di bagi dalam dua sasaran dimana sasaran fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur berupa peningkatan sarana dan prasarana dan fasilitas umum guna mempercepat pembangunan daerah, sedangkan Sasaran non fisik ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan jiwa wira usaha masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan yang di harapkan.

Sedangkan secara umum pelaksanaan TMMD Ke-99 TA.2017 di wilayah Kodim 0201/BS sampai saat ini dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran dan partisipasi masyarakat yang masih memegang teguh budaya gotong royong dan musyawarah untuk mufakat serta adanya keterpaduan dan kebersamaan antar TNI, Polri, dan Pemda serta Intansi terkait dan masyarakat.

Sementara itu warga masyarakat yang tempatnya di jadikan tempat berkumpulnya para TMMD, di Kampung Sentosa Barat Lk 20 bp syahdan mengatakan, dengan kehadiran bapak dari TMMD 0201/BS, membuat kehidupan warga semakin baik seperti jalan sudah semakin bagus sehingga tidak lagi ada kendala untuk jalan menuju kota Belawan,”ujar Syahdan sebagai Jetua Kelompok Tambak .(red)

Print Friendly