Dahnil Anzar Bedah Buku “Politik Pertahanan” di UMSU

KANALMEDAN – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar bedah buku berjudul “Politik Pertahanan”‘ karya Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak, M.E, Juru Bicara H Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan yang terpilih sebagai Presiden RI Periode 2024-2029. Acara yang dibuka langsung Rektor, Prof.Dr.Agussani, MAP digelar di Auditorium Kampus UMSU Jalan Mukhtar Basri No.3 Medan, Sabtu (25/5).

Dalam.paparannya, Dahnil mengatakan, pertahanan bukan hanya militer saja, tapi ada tiga hal dalam teori pertahanan yakni militer itu sendiri, kemudian ada nir militer, dan hybrid, “Jika bicara nirmiliter, maka kita juga bicara tentang pendidikan dan kebudayaan. Secara kebudayaan kita sangat lemah, diserbu kebudayaan-kebudayaan luar,” ujarnya.

Dia juga mengatakan tantangan yang menjadi pusat perhatian paling serius adalah narkoba, “Narkoba ini ibu dari semua kejahatan dan ibu dari semua kelemahan,” ungkapnya.

Selain itu, salah satu tantangan pertahanan negara bukan hanya militer, nirmiliter, tapi yang tak kalah seriusnya adalah ancaman dari mereka yang memiliki kemampuan dan kekuasaan atas data dan informasi atau dalam istilah pertahanan sebagai tantangan hybrid. “Orang yang berkuasa di dunia ini bukan presiden, tapi orang yang menguasai data,” ujar Dahnil.

Untuk itu politik petahanan harus mampu menjawab persoalan-persoalan ancaman terhadap keamanan dan keutuhan negara dengan melibatkan seluruh potensi sumber daya masyarakat. Untuk itu kebijakan yang mengacu pada Sistem Pertahanan Rakyat Semesta bisa jadi solusi.

Sementara Rektor UMSU Prof. Agussani, menyampaikan, kegiatan ini wadah untuk silaturahim warga persyarikatan Muhammadiyah, sekaligus mendengarkan paparan isi buku karya Dahnil.

“Bela negara menjadi komitmen UMSU dalam dunia pendidikan. Penanaman nilai nasionalisme dan cinta tanah air di UMSU, dimulai dari sejak awal kuliah mahasiswa dengan menghadirkan steakholder untuk memberikan wawasan kebangsaan,” katanya.

Dia juga mengatakan, UMSU siap mendukung kebijakan ketahanan pangan dan pembentukan Komcad oleh Kemenhan.

Pada kesempatan ini, Prof. Agussani turut melaporkan bahwa UMSU dan PWM Sumut sebagai tuan rumah penyelenggara Muktamar 2027. Dia mengharapkan dukungan dan masukan dari Jubir H Prabowo Subianto selaku Capres terpilih priode 2024-2029.

Menanggapi hal tersebut Dr. Dahnil dalam paparannya mengatakan siap bekerja sama untuk memastikan Mukatamar Muhammadiyah tahun 2027, sukses terselenggara di Sumatera Utara.

Bedah buku diakhiri dengan penyerahan cendramata dari Rektor UMSU serta foto bersama.

Hadir Ketua PWM Sumut Prof. Dr. H. Hasyimsyah Nasution, MA, Sektretaris PWA Sumut Yuniar R. Yoga, SE, Badan Pembina Harian (BPH) UMSU, para Wakil Rektor UMSU, Anggota DPRD dan DPD kota Medan, Tokoh Masyarakat Melayu, Para Ulama, PDM/PDA/PCM/Ortom Ketua Pemuda/Dosen dan Kepala Lembaga di UMSU. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.