Undhar Wisuda 535 Lulusan, Rektor Sampaikan Sejumlah Capaian Penting

KANALMEDAN – Universitas Dharmawangsa (Undhar) Medan mewisuda 535 lulusan, Sabtu (25/5/2024) di Medan International Convention Center (MICC) Jalan Gagak Hitam No 1 Medan. Wisuda ke-35 ini dipimpin Rektor Undhar Dr. H. Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib, Lc, MA.

Hadir dalam wisuda itu, Ketua
Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan H Muzakkir, SE, Sekretaris Yayasan Dra Hj Farida Nasution, MAP, perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut, Kopertais Wilayah IX Sumut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Undhar Dr Rahmat Hidayat, MA, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr Eddy Iskandar SE, MM, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama M Amri Nasution SE, MSi, para dekan, dan ketua prodi di lingkungan Undhar serta keluarga wisudawan.

Adapun lulusan yang diwisuda terdiri dari sebanyak 12 orang Magister, 486 orang Sarjana, dan 37 orang Ahli Madya. Dari seluruh wisudawan/wisudawati ada seorang lulusan difabel. Kemudian, 15 orang wisudawan/i dikategorikan berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang non akademik.

Rektor Undhar Dr. H. Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib, Lc, MA dalam pidatonya mengatakan, dalam satu tahun terakhir ada beberapa prestasi dan capaian penting dalam kegiatan tridharma Universitas Dharmawangsa yang patut disampaikan. Pertama, Universitas Dharmawangsa telah meraih akreditasi institusi (AIPT) dengan nilai Baik Sekali. “Ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus menjaga kepercayaan para alumni dan para mahasiswa bahwa mereka tidak salah pilih menjadikan Universitas Dharmawangsa sebagai pilihan terbaik dalam melanjutkan pendidikan tinggi,” kata rektor.

Akreditasi institusi dengan predikat Baik Sekali ini, kata rektor, merupakan buah dari proses perbaikan yang berkesinambungan yang dilakukan segenap pihak, dan wujud dari usaha sungguh-sungguh dalam menjalankan prinsip-prinsip pengelolaan perguruan tinggi yang baik dengan menjunjung tinggi penjaminan mutu yang andal. –

Kedua, urai rektor, Universitas Dharmawangsa berdasarkan hasil perankingan yang dirilis lembaga internasional UNIRANK, saat ini berada di peringkat ke-10 dari semua PTN dan PTS yang ada di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah-1 Sumatera Utara.

“Dengan kata lain, jika dilihat diantara perguruan tinggi swasta yang ada, Universitas Dharmawangsa saat ini berada pada rangking ke-7 di antara PTS yang ada. Peringkat Undhar di tingkat nasional juga terus mengalami kenaikan. Jika di tahun 2023 awal posisi Undhar masih di luar 300 besar nasional, maka saat ini posisi Undhar sudah berada di rangking 273 Nasional,” tutur Zamakhsyari.

Ketiga, lanjut rektor, Universitas Dharmawangsa saat ini juga terus meningkatkan kualitas SDM-nya. Hal ini ditandai dengan terus bertambahnya dosen tetap Universitas Dharmawangsa yang berkualifikasi S-3 dan bergelar doktor. Saat ini jumlah dosen tetap yang bergelar doktor ada sebanyak 34 orang. Para doktor ini menamatkan pendidikan mereka baik di luar maupun di dalam negeri dari Universitas Universitas ternama. Dan dalam waktu tidak lama lagi, beberapa dosen yang masih menempuh pendidikan S-3 juga akan menyelesaikan pendidikan mereka dalam waktu dekat.

“Pimpinan Universitas Dharmawangsa juga membuat kebijakan penting dalam mendukung peningkatan kualitas SDM ini dengan tidak merekrut dosen baru kecuali yang berkualifikasi S- 3 atau sedang menempuh pendidikan S-3,” tuturnya.

Selain itu, jumlah dosen yang naik jabatan akademik baik ke lektor kepala maupun lektor terus bertambah. Diharapkan jumlah guru besarpun dapat segera bertambah.

Rektor juga menjelaskan, citra Universitas Dharmawangsa yang dikenal sebagai kampusnya entrepreneur muda juga terus menguat. Puluhan mahasiswa yang berpartisipasi dalam wirausaha di lab kewirausahaan “Dharmawangsa Foodcourt” juga telah memperoleh SIB (Surat izin Berusaha) dari dinas koperasi dan kewirausahaan.

“Setiap tahunnya digelar pula Dharmawangsa Carnaval sebagai ajang yang dipersiapkan agar para mahasiswa dapat menjajakan produk olahannya dan memperkenalkannya dalam skala yang lebih luas.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa H Muzakkir SE dalam sambutannya mengatakan, Pengurus Yayasan bersama seluruh civitas akademika Universitas Dharmawangsa selalu membenahi diri dari waktu ke waktu, melakukan inovasi dan terobosan baru untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan dengan melengkapi fasilitas dan Sistem Teknologi Informasi yang terintegrasi.

“Perlu kami informasikan bahwa mulai Tahun Akademik 2020/2021 yang lalu. Universitas Dharmawangsa telah membuka Program Pascasarjana (S2) Program Studi Hukum, dan Tahun Akademik 2023/2024 bertambah satu Prodi lagi (S2), yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, kami mengajak kepada para alumni Universitas Dharmawangsa untuk segera mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Pascasarjana Universitas Dharmawangsa, terutama bagi alumni Fakultas Hukum dan Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa,” harapnya.

Muzakkir kemudian berpesan kepada wisudawan agar me jaga nama baik almamater. “Kembangkanlah Ilmu yang Ananda peroleh dimanapun Ananda bekerja. Kesarjanaan seseorang bukanlah diukur hanya dari nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), melaunkan ketika seseorang itu dapat dilihat seberapa besar kontribusi dan pemikiran yang Anda berikan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan ummat. Jadilah Ananda sebagai suluh dalam kegelapan, penyejuk dalam kegersangan dan penuntur dalam kehidupan,” pesan Muzakkir. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.