Bimas Kristen Kanwil Kemenag Sumut Gelar Dialog Moderasi Beragama

KANALMEDAN-Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, menggelar dialog moderasi beragama dengan pimpinan lembaga keumatan dan ormas Kristen di Hotel Griya Medan, Kamis (21/3).

Acara tersebut dibuka Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi SAg MM didampingi Kepala Bidang Bimas Kristen Dr Arnot Napitupulu MPdK dan Katim Pauli Sarji Purba MPdK.

Menurut Kabid Bimas Kristen, salah satu upaya yang dilakukan Bidang Bimas Kristen Kanwil Kemenag Sumut adalah kerja sama dan bermitra pada lembaga-lembaga keagamaan Kristen maupun perseorangan dan kelompok untuk melakukan pembinaan dan bimbingan kepada umat Kristen.

Dikatakan, kualitas umat Kristen di Provinsi Sumatera Utara dapat dilakukan dengan relatif mudah jika para Pendeta/ Tokoh Agama Kristen di Provinsi Sumatera Utara melakukan dan meningkatkan pemahaman tentang berbagai hal berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman dalam penyelenggaraan dan pengelolaan iman Kristen, sesuai dengan iman, dogma gereja dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam menunjang program ini, kata Kabid, Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama membuat program dialog terhadap Pimpinan Lembaga Keumatan dan Ormas Kristen yang sangat berkaitan dengan pembinaan umat Kristen. Ia berharap, melalui Dialog tersebut diharapkan para Pimpinan Lembaga agar satu persepsi dalam pembinaan umat sehingga umat beragama hidup dalam toleransi rukun dan damai.

Sementara itu, Katim Paul mengatakan, dialog Kerukunan Internal Lembaga Keumatan Dan Ormas Kristen Di Lingkungan Kemenag Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 digelar agar peserta memiliki pandangan dan pemahaman komprehensif dalam kesiapan Gereja menyongsong indonesia emas 2045.Agar peserta memahami Implementasi Moderasi Beragama dan membangun sinergitas pemerintah dan gereja dalam membangun kerukunan.
Peserta sebanyak 45 orang terdiri dari lembaga keumatan Gereja Wilayah Sumatera Utara.

Narasumber yaitu Naslindo Sirait dengan judul Sinergitas Gereja dan Pemerintah Menyongsong Indonesia Emas 2045, Prof. Albiner Siagian, M.Si dengan judul Implementasi Moderasi Beragama Perspektif Kristen dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045 dan Dr. Arnot Napitupulu, M.PdK mengetengahkan Komitmen Bimas Kristen dan Lembaga Keumatan Kristen Dalam Menerapkan Moderasi Beragama. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.