Satgas BPJPH Sumut Buka Pendaftaran Sertifikasi Halal di Deli Serdang

KANALMEDAN – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) bersama Satgas Layanan Jaminan Produk Halal (JPH) dan stakeholder terkait membuka layanan pendaftaran sertifikasi halal secara langsung di lapangan atau on the spot di 405 titik lokasi di 27 Provinsi.

“Layanan pendaftaran on the spot ini merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi Wajib Halal Oktober 2024. Kami bersama Satgas Halal dan stakeholder di daerah bersama-sama mendatangi pelaku usaha di titik-titik lokasi keramaian di mana banyak pelaku usaha khususnya UMK, untuk kita bantu melaksanakan sertifikasi halal produknya,” ujar Kepala BPJPH Kemenag, Muhammad Aqil Irham, Jumat (14/4).

Layanan sertifikasi halal di lokasi tersebut, lanjut Aqil, merupakan upaya jemput bola untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk melakukan pendaftaran sertifikasi halal ataupun sekadar ingin berkonsultasi terkait kewajiban sertifikasi halal.

“Melalui layanan on the spot, petugas layanan kita akan langsung memproses permohonan sertifikasi halal bagi pelaku usaha yang mengajukan sertifikasi halal di lokasi,” ujar Aqil.

Sementara itu, satgas halal Sumatera Utara membuka pendaftaran sertifikasi halal secara langsung di lapangan atau on the spot dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang dengan 5 titik lokasi berbeda.

Adapun lokasinya yaitu Tanjungmorawa, sekitaran Mesjid Jami’ Lubuk Pakam, Pasar Gambir Simpang 7 Percut Sei Tuan, Batangkuis, dan Kec. Beringin.
Titik lokasi kegiatan adalah pusat-pusat perbelanjaan, mall, pasar, sentra kuliner, zona UMK atau PKL, dan tempat-tempat umum yang menjadi konsentrasi pelaku usaha dan masyarakat umum lainnya.

Ketua Satgas Halal Kanwil Kemenag Sumut Drs. H. Muhammad Yunus, MA didampingi sekretaris satgas layanan jaminan produk halal, Makmur Nasution MSi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan serentak se Indonesia dan diharapkan dapat memudahkan para pelaku usaha untuk mendaftarkan usahanya sehingga mendapatkan sertifikasi halal.

“Kita memudahkan masyarakat, menjemput bola, agar informasi Wajib Halal Oktober 2024 dapat diterima masyarakat secara masif. Hari ini kita laksanakan di 5 titik, nanti akan kita laksanakan di semua Kab/Kota ,” ucap Yunus yang juga sebagai Kabag TU Kanwil Kemenag Sumut ini. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.