Kakanwil Kemenagsu: Pegawai Perputakaan Harus Melek Literasi

KANALMEDAN- Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM memberikan bimbingan dan arahan sekaligus membuka acara kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se-Provinsi Sumatera Utara di Pantai Cermin Theme Park and Resort Hotel Serdang Bedagai,Kamis (29/2.

Kegiatan dihadiri seluruh pegawai perpustakaan madrasah MAN dan MTsN yang ada di Sumatera Utara.
Kakanwil dalam sambutannya memberikan arahan mengenai tugas pokok dan fungsi pengelola perpustakaan madrasah.

Ia menyampaikan bahwa Pegawai perpustakaan madrasah harus berakhlakul karimah, sopan santun dan berpakaian rapi dalam melayani siswa/siswi yang ingin membaca buku.

“Ada beberapa hal yang harus digaris bawahi untuk seorang Pustakawan agar siswa/siswi bisa mencintai perpustakaan yaitu, Pengembangan koleksi buku di Perpustakaan Sekolah. Buku-buku harus dikumpulkan sesuai dengan jenis bukunya. Misalnya buku agama islam dan jenis buku lainnya,” ucap Kakanwil.
Kemudian Kakanwil mengatakan petugas perpustakaan harus tanggap dalam menata organisasi informasi.

“Jadi kita ciptakan perpustakaan itu menjadi pusat informasi terhadap intelektual atau informasi-informasi terkait proses pembelajaran,” tambahnya.

Ia juga mengatakan pustakawan harus mampu membuat layanan perpustakaan yang menarik untuk anak-anak.

“Membuat fasilitas yang bagus di perpustakaan seperti ruangan yang sejuk, gambar-gambar yang menarik,” pungkas Kakanwil.

Acara tersebut di hadiri Kabid Penmad H Erwin P Dasopang MSi dan para Katim Bidang Penmad. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.