Menag RI Serahkan Bantuan ke Ponpes Musthafawiyah dan Palestina

KANALMEDAN- Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas diwakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM menyerahkan bantuan untuk Ponpes (Pondok Pesantren) Musthafawiyah Purba Baru sebesar Rp 200 juta.

Bantuan tersebut diterima Mudir Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru KH.Musthafa Bakri Nasution. Pemberian bantuan terkait musibah banjir yang dialami Pondok Pesantren tertua di Indonesia itu.

Bantuan diserahkan langsung pada acara resepsi Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia di Asrama Haji Medan, Rabu (10/1).
Kakanwil Kemenagsu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gus Yaqut atas bantuan untuk bencana yang melanda Pondok Pesantren Purba Baru pada 20 Desember lalu.

Sebelumnya, Kanwil Kemenag Sumut juga telah menyampaikan bantuan untuk Ponpes Musthafawiyah Purba Baru sebesar Rp30 juta yang diterima Pimpinan Ponpes Mustofawiyah H.Mustafa Bakri Nasution, ujar Ahmad Qosbi.

Kakanwil berharap bantuan tersebut dapat digunakan untuk membangun kembali pondok putra yang hanyut terbawa banjir.

Sementara itu, Musthafa Bakri Nasution mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama RI atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih Gusmen atas bantuannya. Terima kasih juga kepada Pak Kakanwil yang juga memberikan bantuannya atas musibah yang terjadi. Semoga dengan doa kita bersama dijauhkan kita dari musibah,” ucapnya.

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenagsu Dr. H. Muksin Batubara, M.Pd menyebutkan, kejadian banjir yang terjadi di Aek Singolot Purba Baru, Rabu, 20 Desember 2023 kira-kira pukul 21.00 WIB dan menghanyutkan lebih kurang 36 pondok pokir beserta isinya.

Hadir pada acara penyerahan bantuan Ketua MUI Sumatera Utara H. Maratua Simanjuntak, Kepala Kanwil Kemenag Sumut Periode 2014-2017 Dr. H. Tohar Bayoangin, M.Ag, Ketua Walubi Sumut, para Kepala Bidang dan Pembimas.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Drs. H. Muhammad Yunus, MA mengatakan Kanwil Kemenagsu telah menyalurkan dana sebesar 2 milyar untuk Palestina.
Penggalangan dilakukan di seluruh satuan kerja Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dan Kantor Kementerian Agama Kab/Kota.

“Alhamdulillah penggalangan dana yang dilakukan beberapa waktu yang lalu telah diserahkan ke Kementerian Agama RI,” kata Kabag seraya menambahkan bahwa
bantuan tersebut sudah disalurkan Gusmen melalui LazisNu dan LazisMu pada 2 Januari 2024.

Kementerian Agama menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp44,8 miliar untuk masyarakat Palestina dalam rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 yang digelar di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Selasa malam.
Bantuan terdiri dari sumbangan ASN Kemenag seluruh Indonesia senilai Rp41.520.207.987,00 dan sumbangan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag se-Indonesia senilai Rp3.381.888.260,00. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.