Peringati HAB ke 78, Kakanwil Kemenagsu Berpesan Jaga Harmoni Kehidupan Beragama

KANALMEDAN-Keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara peringati Hari Amal Bakti ( HAB) di lapangan utama Kanwil Kemenagsu, Selasa (3/1).

Bertindak sebagai pembina apel yaitub Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM.

Kakanwil Kemenagsu mengajak ASN di jajaran Kanwil Kemenag Sumut untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan guna mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama.

“Melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada kita semua. Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiousity Index, Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat,” ucap Kakanwil.

Sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan.

Di antara tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

“Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan Pembangunan,” katanya.

Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan, Moderasi Beragama menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama. Transformasi Digital terlaksana di seluruh satuan kerja dan lembaga pendidikan keagamaan. KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan. Pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi. Kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.

“Momentum pergantian tahun dan peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama ini adalah saat yang tepat untuk meningkatkan performa dan memperbaiki diri menjadi lebih baik, serta meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama,” lanjut Qosbi.

Kakanwil berpesan agar seluruh ASN untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar terutama pada perhelatan pemilu 2024, dan menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

“Dengan balutan netralitas itu, saya meminta kepada ASN Kementerian Agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas,” ucap Kakanwil Kemenagsu.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenagsu juga memberi tanda penganugerahan Satya Lencana kepada 16 ASN yang telah bertugas di Kanwil Kemenag Sumut selama 30, 20, dan 10 tahun.

“Saya ucapkan selamat kepada 16 ASN yang menerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” ujarnya. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.