PMII Rayon Fakultas Dakwah UINSU Gelar Pendidikan Kader Dasar

KANALMEDAN-Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ( PMII) Rayon Fakultas Dakwah Komisariat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Rumah Besar PMII Sumut, Komplek PWI, Jalan PWI Sampali, 24 – 26 November 2023.

Ketua panitia Azhari didampingi sekretaris Irma Indriani dan ketua Rayon FD UINSU A Fikri Ginting, Minggu (26/11) mengetakan, peserta PKD berjumlah 50 orang. Dia berharap peserta PKD supaya fokus dan serius selama mengikuti PKD, dan ilmu yang didapat dari para narasumber dapat menjadi bekal dalam berorganisasi baik di kampus maupun di masyarakat.

Upacara pembukaan dihadiri Ketua IKA PMII Sumut yang juga alumni Fakultas Dakwah UINSU Drs H Ance Selian, Dekan Fakultas Ushuluddin UINSU Dr. Maraimbang Daulay, MA, para alumni PMII seperti Suryani, Parulian Siregar, MA, Wira Darma dan Ketua Demisioner PMII Cabang Medan Manan Siregar.

Parulian Siregar selaku narasumber mengatakan, sebagai kader PMII harus berjuang dengan Ilmu dan mengaktuliasasikannya di lapangan.

Menurut Parulian yang juga Calon Anggota DPD RI dapil Sumut, kader PMII harus dapat
mengisi posisi di berbagai sektor baik di eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI dan Polri dan juga di Ormas dan OKP.

“Saya sebagai kader PMII alumni Fakultas Dakwah beramaliyah di OKP Pemuda Pancasila Sumut,” kata Parulian.

Sementara itu, Drs.H. Ance Selian mengatakan bahwa kader PMII Fakultas Dakwah harus siap bertarung di kancah politik baik lokal maupun nasional.

Beberapa kader PMII yang sukses di legislatif, kata Ance, di antaranya Amran Pikal Siregar (Ampi) yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPRD Padang Lawas (Palas), Lettu Ikhwan Harahap yang saat ini mendapat amanah sebagai perwira TNI AU.

Ance kemudian menyampaikan pengalamannya selama kuliah menjabat sebagai Ketua Komisariat PMII Fakultas Dakwah. Menurutnya, disiplin adalah kunci keberhasilan.

“Peserta PKD agar aktif serta disiplin,” harap Ance yang masih menjabat sebagai Komisaris PT Wika Gedung.

Sedangkan Dekan Fakultas Ilmu Sosial UINSU Dr Nursapiah Harahap MA mengatakan, sebagai kader PMII harus punya tekad untuk menggapai cita-cita dengan moto mengakar ke bumi menjulang ke langit.

Juga tampil sebagai narasumber pada PKD PMII Fakultas Dakwah UINSU itu, Mascoy Siregar, Ali Bosar Hasibuan, Syafii Sitorus, Samsul Daulay, Rahmat Ritonga, Umarsyah Lubis, Syamsuddin Harahap, Arif Hasibuan, Ahmad Jajuli Daulay, dan Maruli Agus Salim Siregar.

Adapun Instruktut di antaranya, Sakoanda Siregar, Labuhan Hasibuan, Tamtam Harahap, Saiful Azhari Siregar, Erlinda Siregar dan Kh Rifki Amansa Siregar. (sor)

Print Friendly