HKN ke-59, RSU Haji Medan Pengabdian Masyarakat di Desa Laut Dendang

KANALMEDAN – Dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan, Sumatera Utara, melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pengobatan gratis dan khitanan massal di Desa Laut Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Kegiatan dipusatkan di aula Kantor Desa Laut Dendang, Jalan Perhubungan, Selasa (14/11/2023).

Pengabdian masyarakat ini dipimpin Wadir Pelayanan Medis dan Penunjang RSU Haji Medan Sumut, dr Yulinda Elfi Nasution, MKes bersama Ketua Panitia drg Anda Siregar, MKes. Hadir dalam acara itu, Kepala Desa Laut Dendang Supriadi, dan Endang Tisniwati dari Klinik Pratama Sufi Sehat, Laut Dendang.

Ketua Panitia drg Anda Siregar, MKes kepada wartawan di sela-sela kegiatan mengatakan, pihaknya memilih Kecamatan Percut Sei Tuan sebagai lokasi pengabdian, karena RSU Haji Medan berada di wilayah Deli Serdang. “Dengan demikian RSU Haji Medan bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Dalam pengabdian ini, ada sekira 100 warga masyarakat Laut Dendang dan sekitarnya yang mendapat pengobatan gratis dan 51 anak menjadi peserta khitan,” kata Anda.

Anda Siregar menambahkan, selain pengobatan massal dan khitanan, RSU Haji Medan juga akan akan memberikan santunan dan melaksanakan edukasi kesehatan kepada santri/santriwati Pondok Pesantren Usman Bin Affan di Dusun I Kamboja Desa Laut Dendang, Jumat (17/11/2023) mendatang. Bantuan yang diberikan berupa mukena, sajadah, sabun, sikat gigi dan lain-lain.

Pengabdian masyarakat ini, kata Anda Siregar, sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan RI agar rumah sakit melaksanakan pengabdian masyarakat di daerah masing-masing. “Jadi pengabdian ini serentak dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dalam rangka peringan Hari Kesehatan Nasional ke-59,” tambah Anda yang juga Kabid Pelayanan Medik dan Keperawatan RSU Haji Medan.

Wadir Pelayanan Medis dan Penunjang RSU Haji Medan, dr Yulinda Elfi Nasution MKes menambahkan, pengabdian masyakat ini rutin digelar RSU Haji Medan setiap tahunnya di momen-momem HKN.

“Untuk tahun ini, selain pengobatan gratis, khitanan massal dan pemberian santunan ke santri, kita juga menggelar seminar dengan mengundang dokter-dokter dan perawat puskesmas yang ada di sekitar Deli Serdang khususnya puskesmas yang berdekatan dengan RSU Haji. Ini sebagai apresiasi RSU Haji Medan atas kerja sama yang baik selama ini seperti kerjasama rujukan, berobat jalan dan rawat inap,” kata Yulinda.

Sementara itu, Kades Laut Dendang Supriadi menyampakan terimakasih dan apresiasi kepada RSU Haji Medan atas terselenggaranya pengabdian masyarakat di desa yang dipimpinnya.

“Semoga bakti sosial ini berkah bagi masyarakat dan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa. Dan kami berharap bakti sosial seperti ini terus belanjut pada masa-masa mendatang,” harap Kades. (Nas)

Print Friendly