UMSU Job Fair Sediakan 1000 Lowongan Kerja dari 20 Perusahaan

KANALMEDAN – Lembaga Career Development & Alumni Center (CDAC) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bersama 20 perusahaan menggelar job fair ke-8 tahun 2023. Terdapat sebanyak 1000 lowongan kerja secara online dan offline yang disediakan untuk alumni UMSU dan masyarakat umum di acara tersebut yang digelar, Kamis (19/10) di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Job fair dibuka langsung oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwaliki Badan Pembina Harian (BPH) UMSU, Prof. Dr. Nawir Yuslem, dia menyampaikan UMSU sangat mendukung kegiatan yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya.

“UMSU dalam penyelenggaraan pembelajarannya, tentu berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan untuk menciptakan alumni yang siap bekerja, berkarya dan beraktivitas. Kesuksesan dunia dan diakherat itu ditentukan oleh amal professional,” kata Prof. Nawir.

Selanjutnya, Ketua CDAC, Sukma Lesmana, S.E., M.Si dalam laporannya, menyampaikan, UMSU Job Fair menjadi kegiatan penting karena dapat menghubungkan alumni dengan industri.

“Berdasarkan tracer study yang kita miliki, sebanyak 70-80% lulusan dapat bekerja dan diserap industri di bawah enam bulan. Hal tersebut menjadi tolak ukur perguruan tinggi untuk meningkatkan daya serap lulusan.” ujar Sukma.

Dia mengatakan pencapaian 80 persen lulusan UMSU dapat bekerja dan diserap industri di bawah enam bulan setelah lulus merupakan hasil dari kerja sama sivitas akademika UMSU dalam melakukan proses belajar dan mengajar sesuai dengan kebutuhan industri serta jalinan kerja sama dengan industri.

“Kegiatan ini tidak dapat dirasakan lulusan, jika tidak melakukan persiapan kerja, sebelum job fair ini kami melakukan kegiatan perisiapan karir seperti pembuatan CV, workshop strategi interview dan lainnya,” lanjut Ketua CDAC.

Fadli Suher alumni Fakultas Ekonomi Bisnis UMSU tahun 2010 yang saat ini menjadi HRD Industrial dan Public Relation di PT. Indofood CBP Sukses Makmur divisi Medan mengucapkan terima kasih telah dilibatkan dalam kegiatan ini.

“Kami yakin dapat menemukan lulusan terbaik di sini yang siap berkarir dan berkarya di perushaan-perusahaan kami,” ujar Fadli.

Job fair ini juga diisi dengan talkshow persiapan karir di masa depan dan penyerahan 20 sertifikat kepada Perusahaan yang terlibat. Turut dihadiri para mitra dan ratusan peserta job fair UMSU tahun 2023. (Nas)

Print Friendly