Konjen RI Davao City Filipina Apresiasi KKN Internasional Mahasiswa FKIP UMSU

KANALMEDAN – Konjen RI Davao City, Filipina sampaikan apresiasi kepada 4 mahasiswa FKIP UMSU yang didampingi Ketua Program Studi Bimbingan Konseling, M. Fauzi Hasibuan, M.Pd, dalam kegiatan penutupan KKN Internasional, Jumat (27/9) di Kantor Konsulat Jendral Republik Indonesia Davao City, Filipina.

Di ujung kegiatan KKN Internasional, Konjen RI Davao City, Dr. Achmad Djatmiko, M.A menyampaikan bahwa keberadaan mahasiswa FKIP UMSU selama melaksanakan program KKN Internasional memberikan dampak yang sangat positif dalam memperbaiki mutu Pendidikan di sekolah Indonesia Davao.

“Kegiatan yang dilakukan adika-dik ini selaras dengan visi misi kami sebagai perwakilan Indonesia di Davao City pada bidang Pendidikan. Hanya dalam satu bulan, mahasiswa UMSU banyak memberikan perubahan terhadap perkembangan peserta didik di sekolah,” ujar Konjen.

Dia juga melihat daya juang mahasiswa yang memperlihatkan bahwa UMSU telah matang dalam mempersiapkan mahasiswanya untuk melakukan pengabdian di masyarakat. Konjen RI Davao City, Dr. Achmad, berharap program yang telah dijalin tidak berakhir pada tahun ini, tetapi program KKN Internasional dapat berlanjut setiap tahunnya.

“Kam berharap, UMSU juga dapat memberikan bantuan kepada siswa kami yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi dalam bentuk beasiswa, karena kami yakin UMSU adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia yang menjadi pilihan siswa kami di Indonesia,” harap Dr. Achmad.

Kemudian, Kepala Sekolah Indonesia Davao City, Daulat Siregar, M.Pd., M.Si turut mengaturkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin. Dia mengaku sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa FKIP USMU di sekolahnya, terlebih mahasiswa berasal dari prodi Bimbingan Konseling dan PGSD.

“Mahasiswa dapat melakukan need asessment untuk mengetahui atau memetakan kebutuhan siswa kami dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karirnya ke depan. Kehadiran mahasiswa umsu juga dapat memberikan semangat kepada siswa kami untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya, dan dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Kepala Sekolah.

Sementara itu, Ketua Prodi BK FKIP UMSU M Fauzi hasibuan, M.Pd, mewakili UMSU mengucapkan terima kasih karena Konjen RI telah memberikan kepercayaan dan fasilitas kepada mahasiswa selama KKN Internasional.

Hal yang senada disampaikan oleh perwakilan mahasiswa, Anna Ritonga. Selama melaksanakan KKN, dia mendapatkan banyak pengetahuan mulai dari mengenali karakteristik siswa, melihat pengajaran yang diberikan guru di kelas, melakukan praktik mengajar di kelas, mendampingi kegiatan ektrakurikuler siswa, mengembangkan potensi siswa, mengajarkan anak untuk tulis baca Indonesia, meningkatkan kreatifitas siswa yang berbakat, berkolaborasi dalam membuat projek pembelajaran hingga memberikan informasi isu dalam upaya pencegahan.

“Pengalaman-pengalaman yang kami dapat menjadi bekal kami sebagai calon seorang guru. Kami sangat senang bisa melakukan praktik di sekolah Indonesia Davao,” ujar Anna.

Kegiatan ini disambut langsung oleh Konjen RI – Davao City, Filipina, Dr. Achmad Djatmiko, M.A., Pejabat Fungsi Pensosbud, Umi Yanti Febriana Silalahi, beserta Staf Non-Diplomatik, dan perwakilan Kepala Sekolah Indonesia Davao City, Rinto Suhartono, S.Pd.,selaku wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana di Ruang Rapat KJRI Davao City. (Nas)

Print Friendly