Kepala KUA Medan Helvetia Fasilitator Mini Lokakarya Stunting

KANALMEDAN – Kepala KUA Kec. Medan Helvetia M.Lukman Hakim Hasibuan, S.Ag, M.A tampil sebagai fasilitator Mini Loka Karya Pencegahan Stunting yang diadakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kecamatan Medan Helvetia, Rabu (2/8) di Ruang rapat Aula Camat Medan Helvetia.

Dalam paparannya Lukman mengatakan, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan sebagai unit Pelayanan Teknis Kementerian Agama Republik Indonesia adalah mitra strategis bagi Instansi terkait dalam bekerjasama mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas di Kabupaten/ Kota, dalam melaksanakan Program Pencegahan Stunting Nasional yang menjadi program Pemerintah saat ini.

Tentunya peran KUA lebih bersifat tidak langsung, yaitu dengan memperkuat bimbingan perkawinan dan pencegahan pernikahan usia dini melalui regulasi yang sudah ada. Bimbingan perkawinan yang dilakukan di KUA memiliki dua model, pertama model tatap muka dengan melaksanakan bimbingan perkawinan selama dua hari dengan modul materi yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui fasilitator Kementerian Agama yang telah terbimtek.

Kedua, model mandiri dimana para calon pengantin diundang untuk mengikuti bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama dimana peristiwa perkawinan dicatatkan. Melalui kegiatan bimbingan perkawinan inilah KUA memberikan penguatan makna sebuah pernikahan dalam perspektif keagamaan, diantaranya urgensitas pembentukan generasi berkualitas yang perlu diwujudkan dalam keluarga dengan materi Kesehatan reproduksi, pencegahan stunting dan lain lain sebagainya, dengan melibatkan lintas sektoral yang kompeten dalam bidangnya.

“Kegiatan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan juga bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan dan Unit Pelayanan Teknis Kelompok Kerja Pelayanan Keluarga Berencana di Kecamatan untuk melakukan penyuluhan dan fasilitasi bagi calon pengantin yang telah terdaftar”, ujar Lukman.

Kegiatan Mini Loka Karya tersebut dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan, ormas kepemudaan dan keagamaan serta Mitra Kamtibmas. (sor)

Print Friendly