Camat Sei Bamban Minta BPD Gunakan Kordinasi Kepala Dingin

SERDANG BEDAGAI – Camat Sei Bamban, Muhammad Fajar Kurniawan, meminta pengurus Badan Musyawarah Desa (BPD) selalu berkordinasi dengan Kepala Desa menggunakan kepala dingin.

Camat Muhammad Fajar Kurniawan usai menyampaikan sambutan di Pelantikan ABPEDNAS Sei Bamban.

“Berkordinasilah dengan kepala dingin dalam membangun desa, sesuai visi misi Kepala Desa dan Bupati Serdang Bedagai”, katanya dalam pelantikan Pengurus Anak Cabang (PAC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kecamatan Sei Bamban di Aula Desa Sei Bamban, Selasa (26/07/2023).

Muhammad Fajar menyebutkan, kordinasi merupakan kunci keberhasilan BPD dalam menjalankan tugas,fungsi dan wewenangnya dalam membangun desa. BPD bukan rival dari Kepada Desa, tapi menjadi mitra dalam membangun desa.

Fungsi dan tugas BPD sudah dirinci dalam Permendagri Nomor 110 tahun 2016 tentang BPD.

Pengurus ABPEDNAS Sei Bamban priode 2023-2028, hari itu dilantik Muliono selaku Ketua ABPEDNAS Kabupaten Serdang Bedagai.

Muliono saat melantik Pengurus ABPEDNAS Kecamatan Sei Bamban.

Pengurus PAC ABPEDNAS Kecamatan Sei Bamban yang dilantik adalah Canter Hutauruk (Ketua), Sasmito (Sekretaris) dan Amintas Sitorus (Bendahara). Kepengurusan dilengkapi pembina,para wakil dan bidang.

Ketua PC BPD Serdang Bedagai, Muliono, antara lain mengingatkan pentingnya fungsi BPD. Karenanya, BPD harus meningkatkan kapasitas diri.

“Harmonisasi dengan Kades harus dijaga. Jangan ada kesenjangan antara BPD dan Kades, seperti selama ini sering terjadi”, katanya.

BPD harus selalu menjalin sinergi dengan Kades,terutama dalam menggali aspirasi masyarakat.

Disebutkan, kepengurusan ABPEDNAS tingkat Kecamatan akan segera terbentuk di Kabupaten Serdang Bedagai.

Bahkan, di setiap Kecamatan akan dilakukan FGD atau Bimtek peningkatan kapasitas. Selanjutnya, dalam waktu dekat BPD yang berjumlah 1300 orang di Serdang Bedagai, akan melakukan bertemuan akbar di Pantai Cermin.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan Focus Discussion Group (FGD), menghadirkan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM ) Serdang Bedagai masing-masing Aslani, Mayjen Simanungkalit dan Antonius Tarigan. (RED)

Print Friendly