Syah Afandin Sambut Kepulangan Jemaah Haji Langkat



KANALMEDAN – Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin,SH menyambut kepulangan jemaah haji asal Kabupaten Langkat di aula Asrama Haji Medan Sumut, Jalan AH Nasution Pangkalan Mansyhur, Medan Johor, Minggu 16 Juli 2023.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenag Sumut) Ahmad Qosbi, S.Ag, MM. 

Diketahui dari 358 orang Jama’ah Haji dan 10 Petugas Haji dengan total 368 asal Kabupaten Langkat, pulang ketanah air hari ini berjumlah 345 Jamaùah Haji tergabung pada Kloter 12 Embarkasi Medan dan 7 orang Jama’ah lainnya akan pulang esok harinya bersama Keloter 14 Embarkasi Medan.

Sedangkan 6 orang Jama’ah Haji asal Langkat meninggal dunia dan 1 orang sakit. Adapun jemaah wafat: 1.Habibah BintiI Saleh, wafat di Asrama Haji Medan. 2.Sukemi Yoso Bin Dikromo  Wafat di Saudi Arabia, 3.Maisarah Binti Bahri Wafat di Saudi Arabia, Rasim Binti Marwi, wafat di Saudi Arabia, Satiyem Murngali Binti Babdulah, Wafat di Saudi Arabia. Kemudian Mukijo Marto Bin Rejo Wafat di Saudi Arabi

Sedangkan Musinem sedang mendapat perawatan medis di  Saudi Arabia. 

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin,SH  tidak ingin banyak berbicara karena sadar bahwa Bapak Ibu telah cukup rindu dengan sanak saudara, keluarga, kerabat dan jiran tetangga sehingga bergegas untuk segera bertemu.

“Kami berbesar hati dan penuh harapan Insya Allah titel Haji Mabrur yang melekat seiring keberadaan Bapak Ibu di tengah-tengah masyarakat nantinya mampu dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Kemabruran haji akan terlihat semangkin taat dan selalu gemar menampilkan pribadi terpuji baik melalui pemikiran, perkataan dan perbuatan,” ujar Syah Afandin. 

Syah Afandin juga menitipkan salam kepada keluarga dan sanak family jamaah haji. “Mohon maaf kami, atas nama Pemerintah Kabupaten Langkat, bila sejak mulai pemberangkatan hingga penyambutan ada hal-hal yang dirasakan kurang dalam hal pelayanan,” sebutnya.

“Diberitahukan kepada kita semua bahwa secara resmi Pemerintah Kabupaten Langkat telah mengagendakan penepung tawaran penerimaan jamaah haji, sekaligus peringatan tahun baru 1445 Hijriah, nantinya akan di laksanakan pada hari Rabu 26 Juli 2023 di serambi Jenderal Malay rumah dinas Bupati Langkat. Mohon kiranya Bapak Ibu hadir dalam acara tersebut,” imbuhnya. 

Di kesempatan itu juga Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin mengajak para jamaah Keloter 12 Embarkasi Medan asal kabupaten Langkat yang hari ini tiba di tanah air ini untuk bersama-sama membacakan surat Al-Fatihah untuk seluruh jamaah haji yang wafat di tanah suci. ” Semoga Allah tetapkan di surga yang terbaik dan di berikan kesembuhan bagi jamaah yang lagi di rawat di tanah suci,” doanya.

Selanjutnya Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Ahmad Qosbi, S.Ag. MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada sosok kepala daerah langkat yakni H.Syah Afandin,SH yang selalu setia demi Bapak/Ibu para jamaah haji baik dari mulai berangkat yang mengalami penundaan waktu seperti juga terlihat seperti hari ini, beliau dari pagi sudah menunggu atas kepulangan jamaah haji ke tanah air dan mengalami keterlambatan sampai asrama haji ini beliau tetap setia dan cinta kepada bapak/ibu untuk menunggu. 

“Dan kembali saya ucapkan terima kasih kepada bapak Syah Afandin yang akan melaksanakan penepungtawaran atas kembalinya bapak/Ibu jamaah haji di tanah air,” ucapnya. 

“Kita sama-sama doakan untuk bapak Syah Afandin selalu di berikan Kesehatan oleh Allah dan tetap amanah memimpin Langkat. 

Selamat kembali ketanah air bapak/ibu jamaah haji keloter 12 Embarkasi Medan ke tanah air semoga menjadi haji yang mabrur.,  selalu membawa keteduhan daan kedamaian bagi keluarga, masyarakat dan dimanapun bapak/ibu berada,” tambahnya sembari memohon maaf apabila pelayan kami selaku panitia penyelenggaraan Haji tahun 2023 Sumatera Utara tidak sesuai yang di inginkan bapak ibu dan terdapat kesalahan, maka ini menjadi pelajaran kami untuk membenahi penyelenggaraan tahun depan. 

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan, Sekda Langkat Amril,S.Sos,MAP, Kakan Kemenag Langkat H.Ainul Aswad, MA, Kakan Kemenag Labuhan Batu Utara Agus Priadi, S.Ag, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Mulyono, M.Si, Asisten Adm Ekbangsos H.Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si, Staf Ahli Bid. Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan H.Sutrisuanto, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika H.Syahmadi, S.Sos,M.SP, Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun S.STP, Kabag Umum dan Perlengkapan Mahardhika Sastra Nasution,S.STP,MAP, Kabag Kesejahteraan Sosial H.Syahrizal, S.Sos, M.Si, dan Kabag Humas, Protokol dan Rumah Tangga Winanda Akbar, S.STP. (Jen)




Print Friendly