UISU Fokuskan Penerapan Kurikulum Berbasis OBE dan Digitalisasi

  • Dekan Fakultas Teknik Masa Jabatan 2019-2023 Dilantik
Rektor UISU, Dr. Safrida, SE M.Si memimpin prosesi pelantikan Ir. Muksin R. Harahap, S.Pd, MT sebagai Dekan Fakultas Teknik UISU Masa Jabatan 2019-2023 di Ruang Aula Yayasan UISU Jalan SM Raja Medan, Selasa (27/6/2023).

KANALMEDAN – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) kini terus berbenah menunju perguruan tinggi yang unggul. Salah satunya dalam hal penerapan kurikulum berbasis Outcome Base Education (OBE) dan digitalisasi.

Demikian poin penting disampaikan Rektor UISU, Dr. Safrida, SE M.Si saat memberikan sambutan usai melantik Ir. Muksin R. Harahap, S.Pd, MT sebagai Dekan Fakultas Teknik masa jabatan 2019-2023 di Aula Yayasan UISU Jalan SM Raja Medan, Selasa (27/6/2023).

Dikatakannya, awal Juli mendatang pihaknya akan menggelar workshop dalam rangka memaksimalkan penerapan kurikulum berbasis OBE.  Kurikulum berbasis OBE adalah kurikulum berbasis luaran dimana pembelajaran dan penilaian/evaluasi secara eksplisit dirancang untuk memastikan pencapaian dan penguasaan hasil belajar yang telah ditentukan. Kurikulum OBE merupakan kurikulum yang fokus pada capaian pembelajaran yang diharapkan mampu memenuhi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya akademik. Selain persoalan kuruikulum, pihaknya kini juga fokus untuk mengimplementasikan digitalisasi dalam proses pembelajaran hingga kegiatan yang bersifat promosi.

Sementara itu, prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor Pengangkatan Dekan FT UISU, dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan, pembacaan berita acara pelantikan jabatan, dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Selama prosesi itu berlangsung, turut hadir Ketua Pembina Yayasan UISU T> Hamdy Oesman Delikhan Al Hajj, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(k)., FICD., Ketua pengawas yayasan UISU H. Sofian,S.H beserta jajaran, Kepala LLDIkti Wilayah I yang diwakili Koordinator Kemahasiswaan dan UKDM Heriyanto. Selain itu, Rektor UISU Dr. Safrida.,SE.M.Si, Wakil Rektor Bidang Akademi dan Dakwah Islam Dr. Marzuki SH, M.Hum, Wakil Rektor  Sumber Daya dan Tata Kelola Ramadona Simbolon SE, M.Si, PhD,  Wakil Rektor Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ir. h. Abdul Haris Nasution, MT dan Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Sistem informasi Andang Suhendi, SS. MA, dosen, pegawai dan mahasiswa Fakultas Teknik.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Danial Nasution, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Universitas seperti yang sudah dilaksanakan Rektor terkait dengan kurikulum dan digitalisasi. Pihaknya, juga mengucapkan terimakasih kepada Ir. H. Abdul Haris Nasution, MT sebagai Dekan Fakultas Teknik sebelumnya karena telah bekerja dengan baik selama 3 tahun ini dapat memegang amanah, dan selamat kepada bapak Ir.Muksin R.Harahap,S.Pd,MT yang sekarang  melanjutkan kepemimpinan sebagai Dekan FT UISU. “Harapan kami tentu kerja sama dengan seluruh unsur-unsur keluarga besar UISU dapat terus dibina dan di tingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Kemahasiswaan dan UKDM LLDikti Wilayah 1 Heriyanto dalam sambutannya meyakini, Dekan Fakultas Teknik  Ir.Muksin R.Harahap,S.Pd,MT akan mampu memberikan kinerja yang baik. “Sehingga karya-karya baru dapat tercipta, bermanfaat dalam rangka meningkatkan perolehan guna mendukung daya capaian dengan meningkatkan mutu pendidikan dan layanan pendidikan melalui sumber daya dosen dan guru besar, sehingga dapat mendukung prodi yg unggul,” ujarnya.  (Nas)

Print Friendly