Muksin Batubara: Sinergitas Petugas dan Jemaah Sangat Penting

KANALMEDAN – Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI) punya peran penting dalam pelaksanaan ibadah haji. TPIHI bertugas memastikan seluruh jemaah menyelesaikan rukun haji, wajib haji, plus sunnah hajinya.

Demikian dikatakan petugas TPIHI Kloter 15, Dr H Muksin Batubara, M.Pd, didampingi Pimpinan Kloter, H Ibnu Mufid MA, Rabu ( 6/6) di Asrama Haji Medan (Ahmed).

Menurut Muksin, TPIHI merupakan satu kesatuan dari seluruh petugas kloter yang bertugas memastikan seluruh jemaah dapat melaksanakan ibadah haji dan memastikan seluruh ibadah di sana dilaksanakan dengan baik.

“Secara umum kita berharap seluruh jemaah haji wajib menyelesaikan rukun hajinya, wajib hajinya, dan bila mampu mengerjakan sunnahnya baik haji maupun umroh secara menyeluruh,” ucap Muksin.

Muksin yang juga sebaga Kepala Bidang Pakis Kanwil Kemenagsu tersebut mengatakan agar pembinaan, bimbingan haji berjalan dengan baik dan menyeluruh dilakukan pemetaan kemampuan manasik haji jemaah. Kerja sama antarpetugas kloter diantaranya ketua kloter, tim kesehatan, petugas haji daerah, ketua rombongan, ketua regu juga sangat penting. Dengan begitu, seluruh jemaah punya hak yang sama terhadap pembinaan, perlindungan, dan bimbingan ibadah hajinya.

“Sinergitas petugas dan jemaah sangat dibutuhkan. Melalui pembinaan rutin nantinya, baik di maktab atau hotel, dan kerja tim seluruh jemaah tersentuh dan saling berbagi ilmu satu sama lain dan juga saling mengingatkan satu sama lain,” tambahnya.

Ia juga meminta seluruh jemaah memahami dengan benar manasik yang sudah diajarkan.

“Saya berharap seluruh jemaah luruskan niat melaksanakan haji semata-mata karena Allah. Dengan begitu, seluruh amalan yang dilaksanakan di sana semoga bisa diterima dan kita berharap seluruh jemaah meraih haji yang mabrur dan mabrurah,” harapnya. (sor)

Print Friendly