UPZ Kanwil Kemenagsu Salurkan Zakat Profesi ASN

Plt Kakanwil Kemenagsu H Ahmad Qosbi MM, (kiri) ketika memberi keterangan kepada wartawan.

KANALMEDAN – Tim Unit Pengumpulan Zakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara menyalurlan zakat profesi ASN Kanwil Kemenag Sumut, Selasa (11/4) di Aula Kanwil Kemenag Sumut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM mengatakan bahwa tahun ini UPZ Kanwil menyalurkan zakat kepada mustahik sebanyak 324 paket.
Zakat yang disalurkan tersebut adalah dana yang terkumpul melalui unit pengumpul zakat (UPZ) Baznas yang bersumber dari gaji pegawai yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag Sumatera Utara.

“Zakat profesi para pegawai kita kumpul kemudian kita kirim ke Baznas Provinsi kemudian Baznas meminta kita untuk menyalurkannya kepada para mustahik,” ucap Qosbi.

Dalam kesempatan itu, Plt Kakanwil Kemenagsu juga mengatakan bahwa perlu inovasi untuk mengubah pola penyaluran zakat dari yang konsumtif menjadi produktif. Maksudnya, kata Qosbi, zakat yang diberikan kepada mustahik dapat mendorong para mustahik untuk meningkatkan perekonomiannya dengan membuat usaha yang produktif.

Untuk itu, Plt menawarkan, ke depan jumlah penerima zakat dapat dikurangi tetapi volume bantuan zakatnya ditingkatkan sehingga dapat dijadikan oleh mustahik sebagai modal atau tambahan modal usaha sesuai keahlian yang dimiliki para mustahik.

“Ke depan akan kita coba untuk mengubah pola penyaluran zakat agar para mustahik dapat mempergunakan zakat yang diterimanya untuk modal usaha, sehingga ke depannya tidak lagi sebagai mustahik tetapi akan menjadi muzakki,” harap Qosbi.

Ia juga menegaskan bahwa kedepan tidak boleh ada lagi keharusan seseorang ASN untuk ikut berkurban.Karena berkurban hanya dianjurkan pada orang-orang yang mampu dan ikhlas.

“Berkurban itu harus mampu dan ikhlas,” kata Qosbi.

Plt. Kakanwil juga menyampaikan zakat yang disalurkan tersebut adalah bersumber dari ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut. Sementara dari 33 Kantor Kemenag kabupaten/kota dan satker madrasah 102 lainnya, memiliki versi masing-masing dalam pendistribusiannya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf H. Abdul Azhim, S.Pd.I, MA selaku Ketua UPZ Kanwil Kemenagsu, PJF Zakat Wakaf Sari Putra S.Kom dan kasubbag humas HM Yunus MAP.

Sementara Muhammad Asrul selaku sekretaris UPZ mengatakan terus mendorong dan memotivasi umat agar tidak lalai membayar zakat apabila sudah memenuhi ketentuan sesuai syariat. Ia juga mengungkapkan kepengurusan saat ini terus mengkampanyekan literasi zakat. (sor)

Print Friendly