Kolaborasi Kemenag dan Pemko Medan Raih Harmony Award Dua Tahun Berturut-turut

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Dr.H. Impun Siregar, MA

KANALMEDAN – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Dr.H. Impun Siregar, MA menyebutkan, moderasi beragama merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama RI. Moderasi beragama telah ditetapkan sebagai faktor penunjang pembangunan nasional yang termaktub dalam Perpres Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 – 2024.

“Dalam rangka mensukseskan program tersebut Kementerian Agama Kota Medan melakukan kolaborasi dan sinergi dengan Pemerintah Kota Medan dimana salah satu misinya adalah ‘Medan Berkah’ yaitu mewujudkan Kota Medan sebagai kota yang berkah dengan memegang teguh nilai-nilai keagamaan dan menjadikan Medan sebagai kota layak huni juga berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat,” kata Impun Siregar, Selasa (11/4).

Impun mengatakan, salah satu bentuk kolaborasi Kemenag dan Pemko Medan diantaranya melakukan kunjungan rutin ke rumah-rumah ibadah dan melakukan dialog dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh pendidik dengan tujuan untuk saling menghargai antar pemeluk agama, meningkatkan persatuan dan kesatuan serta meningkatkan kerukunan antar umat beragama.
Kemenag bersama Pemko Medan juga proaktif dan rutin melaksanakan gotong royong dan olahraga kerukunan lintas agama untuk menumbuhkan sikap saling peduli dan tolong menolong serta upaya penguatan nilai dan kearifan lokal.

Kakankemenag Kota Medan mnyampaikan, Kota Medan memiliki keberagaman suku, agama, adat istiadat, bahasa, dan tradisi, serta banyak lagi perbedaan-perbedaan lainnya. Keragaman yang ada merupakan bentuk dari kekayaan budaya yang kita miliki. “Kita harus mampu menjadikan perbedaan itu sebagai perekat persatuan dan kerukunan” kata Impun.

Impun menambakhan berkat kolaborasi dan sinergi yang baik antara Kemenag dan Pemko Medan berhasil meraih Harmony Award tahun 2021 dan 2022.

Harmony Award merupakan bentuk apresiasi Kementerian Agama terhadap partisipasi dan kontribusi Pemda dan FKUB dalam merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan serta Penguatan Kerukunan umat beragama di Indonesia.

Kakankemenag Kota Medan mengucapkan terima kasih pada tokoh agama dan ormas keagamaan, stakeholder, para pendidik serta masyarakat Kota Medan yang telah merawat dan manjaga kehidupan beragama yang toleran, harmonis, rukun serta kondusif di Kota Medan. (sor)

Print Friendly