TPP Serdang Bedagai Gelar Rapat Kordinasi

Sei Rampah (KanalMedan.Com) – Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kemendesa PDTT di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menggelar Rapat Kordinasi (Rakor), Selasa (31/01/2023).

SIMBOLIS : Mantan Korkab Sergai, Rendi Ardian , secara simbolis menyerahkan jabatan Korkab kepada Edi Harahap selaku Korkab Sergai Tahun 2023. (KanalMedan/Lobe)

Rakor tersebut berlangsung di Sei Rampah, dipimpin Kordinator TPP Sergai, Edi Harahap. Dihadiri Tenaga Ahli Kemendes untuk program Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) masing-masing Mayjen Simanungkalit, Muhammad Arif Hasibuan, Aslani, Antonius Tarigan dan Panji Ramlan Zendrato.

Peserta Rakor terdiri dari para Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) se Kabupaten Sergai.

Kordinator TPP Sergai, Edi Harahap  menyebutkan, Rakor tersebut dimaksudkan untuk mempertegas komitmen pendampingan sesuai tugas dan fungsi TPP. Menginventarisir masalah dan merumuskan solusi terhadap masalah yang ada di lapangan.

Momen Rakor tersebut juga dimanfaatkan perkenalan, sehubungan formasi baru TPP Sergai tahun 2023 sesuai Surat Perintah Kemendesa Nomor: 012/UMM.02.04/I/2023 anggal 6 Januari 2023.

Edi Harahap menyebutkan, Kepmendes PDTT Nomor 143 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pendampingan Masyarakat Desa, tegas menyebutkan perlunya upaya mengordinir dan mengendalikan potensi TPP, untuk memaksimalkan tugas dan fungsi-fungsi pendampingan masyarakat desa.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Korkab Sergai, Rendi Ardian, secara simbolis berkenan menyerahterimakan jabatan kepada Edi Harahap selaku Korkab Baru di Sergai untuk priode tahun 2023.

Dalam sambutannya, Edi Harahap meminta segenap TPP di Sergai, untuk meneruskan prestasi-prestasi yang sudah diraih selama ini. Formasi baru TPP Sergei di tahun 2023, dia minta untuk tetap maksimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Sementara itu, informasi di peroleh wartawan menyebutkan, Kabupaten Sergai memiliki 111 TPP dengan rincian 6 orang TAPM Kabupaten, 46 PD di tingkat Kecamatan dan 59 PLD di tingkat desa.

Sedangkan jumlah Dana Desa yang dikucurkan pemerintah untuk Kabupaten Sergai tahun 2023 sebesar 201,5 miliar. Dana tersebut didistribusikan secara proforsional untuk 237 desa yang tersebar di 17 kecamatan wilayah Kabupaten Sergei.(Red)

>>>>>>>>>>>

Untuk versi vidio silahkan tonton: DISINI

Print Friendly