Revitalisasi KUA Harus Didukung Peningkatan SDM

KANALMEDAN-Kementerian Agama (Kemenag) Kota Medan terus meningkatkan layanan Kantor Urusan Agama (KUA) kepada masyarakat. KUA tidak hanya memberikan layanan nikah  tetapi juga melayani sejumlah program yang bermanfaat bagi masyarakat yang bertujuan meningkatkan  layanan keagamaan kepada masyarakat serta  meningkatkan kualitas kehidupan umat  beragama.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Medan Dr.H.Impun Siregar, MA saat membuka sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan capacity building revitalisasi dalam pemenuhan dan pengelolaan sarana prasarana KUA di Hotel Antares Medan, Senin (30/1).

Lebih lanjut Kakankemenag Kota Medan mengatakan bahwa Revitalisasi KUA merupakan salah satu Program Prioritas Kementerian Agama, oleh karenanya KUA harus terus melakukan inovasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Program Priorotas Reviltalisasi KUA diantaranya, peningkatan kapasitas kelembagaan, penyempurnaan standar pelayanan, transformasi digital layanan, peningkatan kualitas SDM, penguatan regulasi serta penguatan dan integrasi data.

Impun berharap KUA dapat menggali potensi yang ada, diantaranya meningkatkan SDM Penghulu, Penyuluh dan staf KUA untuk terus memotivasi dan mengembangkan diri memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat, melakukan komunikasi dan koordinasi yang baik karena KUA merupakan garda terdepan Kementerian Agama yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

“KUA harus menjalin kerjasama yang baik dan komunikasi serta koordinasi yang efektif dengan lintas sektoral, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan harus berperan aktif ditengah-tengah masyarakat sehingga keberadaan KUA benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Hadir pada kegiatan tersebut Kasi Bimas Islam H. Ahmad Kamil, MA dan Penanggungjawab Fungsi Sarana Dan Prasarana Kanwil Kemenag Sumut H. Ansor Pohan juga sebagai narasumber. Kegiatan tersebut diikuti 27 peserta terdiri dari Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan se Kota Medan (sor)

Print Friendly