Parakhin Syukuran Imlek 2754 dan Dialog Moderasi Beragama

KANALMEDAN – Perkumpulan Rohaniawan Khonghucu Indonesia (Perakhin) menggelar syukuran perayaan Imlek 2754 Kongzili/2023 Masehi di Lembur Kuring Medan, Minggu (29/1).

Dalam acara syukuran imlek tersebut dirangkai dengan dialog interaktif dengan tema ‘Moderasi Beragama yang Berkeadaban’,dipandu oleh Dr H Torang Rambe MAg.

Tampil sebagai nara sumber, Kakanwil Kemenag Sumut Dr H Abdul Amri Siregar MAg, Prof Katimin dan penerima Kalpataru Ani Muryati MSi.

Amri mengatakan, warga negara Indonesia telah moderat sejak dari dulu dan telah merumuskan ragam formula untuk mewujudkan kerukunan di negeri ini. Agar kerukunan semakin kuat dan jalinan harmoni antarumat beragama terus terbina dengan baik, maka penguatan moderasi beragama harus terus dilaksanakan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kakanwil juga mengatakan bahwa pemerintah berusaha keras memastikan kehidupan umat beragama terlaksana dengan baik dan dalam suasana kerukunan yang kondusif.

“Sejak dulu kita sudah moderat. Dengan beragam budaya, kultur, agama, tradisi, namun kita tetap dapat kompak dan bersatu. Ini bukti negara kita menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika. Maka dari itu, hari ini pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama menjadikan Moderasi Beragama sebagai salah satu program prioritas sebagai langkah untuk memperkuat kerukunan kita, memperkuat jalan kita untuk saling merawat kebersamaan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sumut Abdul Amri Siregar juga minta pada pimpinan majelis lintas agama agar bijak menyikapi dinamika menjelang tahun politik sehingga kerukunan umat beragama tetap terjaga dan kondusif.

Sementara itu, Ketua Parakhin Sumut Xs Jhohan Adjuan mengucapkan terimakasih dan apresiasi pada Kakanwil Kemenag Sumut, narasumber dan undangan lainnya atas kehadirannya pada syukuran imlek yang dilaksanakan Parakhin Sumut.

” Saya dan jajaran pengurus Parakhin Sumut mengucapkan terimakasih pada semua tamu undangan kami” kata Djohan Adjuan.

Turut hadir dalam acara syukuran tersebut yaitu, ketua FKUB Sumut H Palit Muda Harahap, Kakan Kemenag Medan Dr H Impun Siregar, Kakan Kemenag Asahan H Syaripuddin Daulay MPd, Kasubbag Humas Kemenagsu HM Yunus MAP, Kabid Haji, H Zulfan Efendi MSi, mewakili NU, Muhammadiya, Alwashliyah, MUI dan perwakilan dari ormas keagamaan lainnya. (sor)

Print Friendly