Kasi Tendik Kanwil Kemenagsu Apresiasi Tata Kelola Perpustakaan MAN 2 Langkat

KANALMEDAN – Kasi (PJF) Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumatera Utara, H Mhd Darwis Nasution SE mengapresiasi tata kelola perpustakaan MAN 2 langkat.
Hal tersebut disampaikan Darwis pada saat kunjungan kerja ke Perpustakan MAN 2 Langkat, Rabu (18/1). Darwis didampingi Kepala MAN 2 Langkat, Lenna R. Pohan dan Kepala Perpustakaan MAN 2 Langkat, Mariatul Qibtiah.

Dalam kesempatan tersebut, Darwis Nasution menyampaikan pujian atas kerapian dan tata kelola dan pengaturan letak buku di perpustakaan MAN 2 langkat. Tata letak buku diperpustakakan  harus memisahkan dan mengklafikasikan jenis buku. Jangan seperti gudang yang semua buku ditumpuk ditempat yang sama.

Menurut Darwis apa yang telah dilakukan perpustakaan MAN 2 langkat cukup baik karena peletakan buku yang telah diklasifikasikan sesuai dengan fungsi dan kegunaan buku tersebut.

“Ke depannya, kita berharap perpustakaan MAN 2 langkat dapat menjadi lebih baik lagi, baik secara administrasi, tata kelola maupun fungsi pelayanannya kepada siswa dan guru”, katanya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Langkat mengatakan kunjungan kasie tendik tersebut keperpustakaan MAN 2 langkat  terkait dengan supervise yang dilakukan oleh seksi tendik bidang Penmad terhadap  kinerja serta rencana tahunan kepala madrasah , dalam hal ini lebih difokuskan pada tata kelola pustaka oleh kepala perpustakaan.

”Sebelumnya kita telah diberikan instrumen questioner terkait dengan  perpustakaan kita. Kehadiran kasie tendik , selain untuk untuk memastikan kebenaran data questioner  tersebut dengan faktanya, tentu saja kehadiran beliau juga sebagai wujud  silaturrahmi dari  seksi tendik  kanwil kemenag ke MAN 2 Langkat. Tentu saja suvervisi dan evaluasi yang diberikan akan menjadi masukan berharga bagi pengembangan kinerja kepala madrasah dalam pengembangan mutu tenaga kependidikan, khususnya dalam pengelolaan perpustakaan MAN 2 langkat”, ujar beliau.

Kepala perpustakaan MAN 2 Langkat, Mariatul Qibtiah menyampaikan dari sejumlah alat ukur supervisi yang disampaikan, sebagian besar terpenuhi oleh Perpustakaan MAN 2 Langkat.

“Dari sejumlah instrument supervise yang harus kita isi, sebahagian besar terpenuhi oleh perpustakaan MAN 2 langkat. Namun ada sejumlah hal yang juga harus kita perbaiki atau lengkapi. Khususnya tentang koleksi karya tulis siswa dan guru. Kita berharap kedepannya akan semakin banyak karya tulis pilihan dari siswa maupun guru yang dapat dijadikan rujukan dan referensi di perpustakaan kita. Untuk pelayanan perpustakaan, secara bertahap kita menerapakan pelayanan digital.

“Kita bersyukur bapak kasie tendik memberikan apresiasi atas kinerja kita. hal ini tentunya akan menjadi dorongan bagi kita untuk semakin memperbaiki kualitas  pengelolaan perpustakaan MAN 2 langkat,” katanya. (sor)

Print Friendly