Baskami Ginting: Pemahaman Pancasila di Kalangan NU Tidak Diragukan

KANALMEDAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Drs Baskami Ginting menegaskan, dirinya tidak ragu lagi soal pengamalan Pancasila khususnya di kalangan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU).

“Memang saat ini saya sosialisasi wawasaan kebangsaan dan ideologi Pancasila. Tapi saya yakin dan percaya di kalangan NU termasuk PMII ini tidak diragukan lagi soal Pancasila itu. Karena Pancasila itu sudah selesai dan harga mati,” kata Baskami dalam acara sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan di sekretariat Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Ika PMII) Sumatera Utara, Jalan PWI Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Selasa (13/12/2022).

Politikus PDI Perjuangan ini juga tidak memungkiri pendiri bangsa ini juga ada dari kalangan NU, dan itu juga diakui Bung Karno, presiden pertama Republik Indonesia.

“Kendati Bung Karno Nasionalis tetapi ia selalu bergaul dan paling dekat dengan orang-orang NU,” terang Baskami.

Maka di kesempatan ini, kata Baskami, dia tidak lagi berbicara soal politik tetapi bagaimana kantor Ika PMII yang saat ini dalam proses pembangunan agar cepat selesai pengerjaannya.

“Kita coba pelajari kantor ini bisa dapat anggaran dari pemerintah Karena pemerintah yang punya uang dan uang itu dati kita, rakyat,” terangnya lagi.

Di kesempatan itu, Baskami juga memberikan bantuan untuk pembangunan kantor IKA PMII. “Tetapi bantuan ini jangan lihat jumlahnya, tetapi ini dari niat saya yang ikhlas karena NU ini saya anggap sebagai saudara kandung saya sendiri,” kata Baskami Ginting di depan ratusan kader dan almuni PMII .

Baskami mengharapkan nanti ke depan akan ada lagi bantuan dari pihaknya agar pembangunan kantor ini cepat selesai.

Sebelumnya Ketua Ika PMII Sumut Ance Selian berterimakasih kepada Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting yang hadir dalam kegiatan sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan. Ia berharap kegiatan ini supaya lebih digiatkan bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya kaum mahasiswa dan milenial. Sebab ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan ini pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Panitia Pembangunan Kantor Ika PMII Sumut Dr Aswan Jaya, Sekretaris Parulian Siregar, sesepuh PMII HM Hatta Siregar yang juga mantan sekretaris NU Sumut para senior dan alumni PMII serta ratusan kader PMII Sumut.

Dalam sosualisasi itu tampil sebagai narasumber dosen FISIP UMSU Muhammad Zeini Zen. (Nas)

Print Friendly