Kabag TU Kanwil Kemenagsu: Citra Pola Keuangan Satuan Kerja Dibentuk Oleh Perbendaharaan


KANALMEDAN – Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag,.MM membuka kegiatan Pembinaan Fungsi Perbendaharaan dan Pelaksanaan Anggaran pada Satker Kemenag Tahun 2022 di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Jumat (9/12). 

Pada kegiatan pembinaan yang bertema “Tercapainya Target Kinerja Keuangan dan Pembekalan Peserta Uji Kompetensi Pengelola Keuangan Negara Untuk Jabatan Fungsional PK dan APK APBN pada Kementerian Agama” tersebut, Kabag TU berpesan agar seluruh peserta mengikuti kegiatan pembinaan dengan seksama.

Kegiatan Pembinaan ini akan membantu para pengelola keuangan menargetkan dan menyusun kegiatan yang tepat dalam menggunakan anggaran. 

“Jangan kita menunggu, kita harus mencari informasi dan memberikan masukan kepada atasan kita untuk melaksanakan kegiatan yang tepat dalam menggunakan anggaran. Karena citra keuangan suatu satuan kerja dibentuk oleh perbendaharaan yang baik di satker tersebut,” ujar Kabag TU.

Kegiatan pembinaan yang diisi oleh pemateri dari Biro Keuangan Kementerian Agama RI tersebut diikuti oleh peserta di lingkungan Kementerian Agama Sumatera Utara yaitu Sekjen Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara, Kantor Kementerian Agama Kab/Kota, Madrasah dan UIN Sumatera Utara. 

APK APBN Ahli Madya Agusli Ilyas salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan dilakukan untuk perbaikan perbendaharaan, yakni untuk untuk organisasi, kepentingan pimpinan dan juga untuk kepentingan individu yakni untuk mengembangkan karir.

Agusli menjelaskan bahwa ada beberapa hambatan yang ditemukan dalam meningkatkan mutu perbendaharaan di Kementerian Agama. Salah satunya adalah kurangnya jumlah pendaftar untuk jabatan fungsional. 

Agusli menjelaskan di tahun 2025 seluruh jabatan fungsional perbendahraan akan dibuka secara linear. Hal ini akan membuat para staf yang memiliki latar belakang pendidikan yang tidak linear, tidak lagi bisa mendaftar untuk jabatan fungsional tersebut.

Ke depan, pengadaan jabatan fungsional akan terus dibuka guna melengkapi petugas perbendaharaan yang efektif dalam menunjang kinerja satuan kerja. 
“Pembukaan jabatan fungsional untuk perbendaharaan akan kembali dibuka pada bulan maret tahun 2023.

Persiapkan persyaratan dengan lengkap agar tidak terjadi kegagalan seperti yang didapati pada tahun-tahun yang lalu” ujarnya,katanya. (sor)

Print Friendly