Irjen Kemenag RI: Pelayanan Masyarakat Harus Menjadi Prioritas

KANALMEDAN-  Inspektur Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Dr. H. Faisal Ali Hasyim, S.E., M.Si., CA., CSEP. menyampaikan perlunya komitmen bersama dan disiplin dalam satu komando dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Irjen saat melakukan Pembinaan ASN di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Senin (28/11).

Ia mengatakan bahwa salah satu permasalahan Kementerian Agama adalah pelayanan. Banyak aduan yang sampai ke Itjen adalah aduan masyarakat terkait kinerja. Untuk itu, Irjen ingin agar pelayanan masyarakat menjadi prioritas utama.

“Pelayanan masyarakat harus jadi prioritas utama dalam kinerja. Banyak aduan masyarakat terkait pelayanan. Beri inovasi yang mumpuni agar mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya di Kementerian Agama, termasuk transformasi digital. Tidak perlu ketemu, semua diproses dengan sistem,” ungkap Irjen.

Irjen juga mengatakan agar ASN lebih jeli dan melek terhadap perkembangan zaman. Dunia terus menerus mengalami perubahan signifikan. Maka, tradisi-tradisi lama yang menganggu proses kinerja harus diubah dengan gagasan dan cara kerja yang progresif dan berpikir ke depan. Ia juga mengatakan perubahan harus diawali dengan diri sendiri.

“Dunia berubah dengan signifikan, penuh dengan kejutan. Maka dari itu, mari kita semua berpikir lebih maju. Jangan sampai kita ketinggalan. Mari kita sadari bahwa perubahan itu harus kita awali dari diri sendiri,” katanya.

Irjen juga berpesan agar ASN tidak menyalahgunakan kewenangan dan tidak disiplin. Ia mengingatkan bahwa penyalahgunaan dan ketidakdisiplinan bisa menyebabkan gugurnya status.

“Jangan menyalahgunakan wewenang. Jangan mempersulit masyarakat. Jangan bertindak yang tidak sesuai dengan tugas dan fungsi ASN. Jaga marwah dan martabat saudara sebagai ASN,” tegas Irjen.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumut H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM berterima kasih atas kunjungan Irjen dalam rangka Pembinaan sekaligus penguatan kapasitas ASN dan meninjau tata kelola kinerja di Kanwil Kemenag Sumut.

Ia juga mengatakan Kanwil Kemenag Sumut melalui bidang masing-masing terus berkomitmen meningkatkan kualitas baik secara administrasi maupun tugas lainnya dalam rangka mewujudkan visi misi Kementerian Agama RI.

Kegiatan Pembinaan ASN oleh Irjen juga dihadiri para Kepala Bidang, Pembimas, Penanggung Jawab Fungsi, dan seluruh ASN dan Non-ASN. (sor)

Print Friendly