Syaiful Syafri: FKPP Sumut Wujud Solidaritas dan Kemitraan Membangun Pendidikan

KANALMEDAN – Lahirnya Forum Komunikasi Peduli Pendidikan (FKPP) Sumatera Utara (Sumut) merupakan wujud solidaritas dan kemitraan untuk membantu pemerintah daerah dan jajaran stakeholder pendidikan meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara.

“Karena Gubsu Edy Rahmayadi juga sudah menegaskan bahwa semua warga di Sumatera Utara wajib membesarkan nama Sumut di segala bidang, yang ditegaskan Gubsu Edy Rahmayadi pada pelepasan kontingen PWI Sumut mengikuti Powarnas XIII di Malang, kemarin,” kata Syaifil pada silaturahmi pengurus FKPP di Jalan Sempurna Medan, kemarin.

Hadir dalam acara itu Plt Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut Prof. Dr. Ibnu Hajar M,Si, Dewan Pakar FKPP Sumut Dr Parapat Gultom, M.Eng dan Dr. Ir. Nindra Nasution, serta pengurus lainnya.

Juga hadir unsur pengurus yang membidangi pendidikan, literasi dan teknologi seperti Bambang Siswanto, SE, M.Si, Chandra Silalahi, SH, M.Si, Taufik Hidayat, S.E, MM, Ike Kesumawati, SH, M.Kn, Dra Hj. Heryati, Dra Latifah Hanum, Mimi H, SH, Rahmadsyah, Akhyar dan Murni Pasaribu.

Untuk itu, kata Syaiful, pengurus FKPP Sumut di bawah kepemimpinan Edwar Sinaga SH, MAP dapat memetakan permasalahan pendidikan terkait perubahan yang besar di dunia pendidikan, baik akibat teknologi, budaya masyarakat, kesehatan maupun karena pendapatan dan penyebaran penduduk di Sumut.

Dijelaskan, berdirinya FKPP Sumut tidak sebatas memetakan permasalahan dan mengkaji pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, tetapi juga untuk pendidikan keagamaan, disabilitas dan pendidikan tinggi. Dan ini sesuai dengan harapan Mendikbudristek Nadiem Makarim di acara G20.

“Jadi sesuai dengan visi menjadikan FKPP Sumut sebagai mitra dan pendampingan jajaran pendidikan di Sumut. Maka para pengurus harus menyamakan persepsi, kerja keras dan kerja cerdas agar melahirkan konsep pendidikan yang berkualitas untuk disajikan kepada masyarakat dan jajaran pendidikan,” kata mantan Kadis Pendidikan Sumut ini.

Ketua FKPP Sumut Edwar Sinaga SH, MAP didampingi Sekretaris Dra Hj Juniar, M.Si, dan Bendahara Antea Hutauruk menjelaskan bahwa silaturahmi yang digelar untuk mendapat masukan tentang permasalahan pendidikan dari Prof Dr Ibnu Hajar, M.Si, Dr Parapat Gultom, M.Eng dan Dr Ir Indra Nasution.

“Unsur pengurus juga akan diskusi dengan para guru di jenjang pendidikan sesuai tingkatan, pengelola literasi, unsur masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota, sehingga data permasalahan pendidikam akibat perubahan, kemajuan teknologi dan budaya yang ada diperoleh secara akurat,” kata Edwar. (Nas)

Print Friendly