Matakin Kota Medan Gelar Dialog Kerukunan

KANALMEDAN – Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Kota Medan menggelar dialog dan sosialisasi Agama Khonghucu dengan tema “ Moderasi Beragama Bagian dari Kebajikan Agama Khonghucu “ di Hotel Putra Mulia, Minggu (16/10/2922).

Acara tersebut dihadiri Kaban Kesbangpol Kota Medan H.Arjuna Sembiring, S.Sos,. MSP.
Tujuan dilaksanakannya dialog antara lain untuk membina umat Khonghucu Kota Medan agar memiliki pengetahuan dan pemahaman luas tentang pentingnya moderasi beragama.

“Melalui dialog diharapkan para peserta dapat mengerti dan memahami pentingnya menjaga kerukunan di tengah-tengah masyarakat,” kata Js. Alwin

Dijelaskan pengurus Matakin Kota Medan ini, dialog tentang moderasi beragama pada umat Khonghucu Kota Medan sudah dua kali dilaksanakan dan dihadiri 90 orang peserta dari lintas kalangan umat Khonghucu.

Js. Alwin menyebutkan bahwa moderasi beragama bagian dari kebajikan agama Khonghucu.
Ada 8 pokok kebajikan yang menjadi pedoman hidup umat Khonghucu, kata Alwin, yaitu laku bakti (Xiao), rendah hati (Ti), setia (Zhong), dapat dipercaya (Xin), susila (Li), benar atau adil (Yi), suci hati (Lian), dan tahu malu (chi).

“Ke depanya Matakin Kota Medan akan berupaya untuk melaksanakan lebih banyak kegiatan dialog dan sosialisasi dengan menghadirkan umat Khonghucu, generasi milenial, pemuda pemudi agama Khonghucu supaya semua umat Khonghucu memahami pentingnya moderasi beragama,” katanya.

“Kami mengucapkan terimaksih pada panitia dan Matakin Kota Medan atas diikutkannya menjadi peserta pada acara dialog dan sosialisasi tentang moderasi beragama,” kata salah seorang peserta.

Narasumber pada dialog tersebut yaitu Kaban Kesbangpol Kota Medan Arjuna Sembiring S Sos, MSP, Arbani Harahap S.Sos (modearator ) dan Js. Suardi (Penasehat Matakin Kota Medan). (sor)

Print Friendly