Kasubbag TU Kemenag Taput Jadi Pembina Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di MAN Peanornor

KANALMEDAN – Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Utara AR. Munir Aritonang, M.AP memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di MAN Peanornor Kecamatan Pahae Julu Tapanuli Utara.

Munir membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan“.
Tema tersebut mengandung maksud bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan Negara.

Catatan di atas menunjukkan bahwa Santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja, sehingga mengasosiasikan Santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan saja tidaklah tepat. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam macam bahkan mereka jadi pemimpin Negara.
Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya yaitu menjaga agama itu sendiri, santri selalu mengedepankan nilai nilai agama dalam setiap perilakunya.
B
agi santri agama adalah mata air yang mengalirkan inspirasi inspirasi untuk menjaga dan menjungjung tinggi martabat kemanusiaan. Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama, apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sanat majemuk, bagi santri menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia, kata Menag.

Pada Hari Santri Nasional Tahun 2022 ini semua peserta mengenakan kain sarung, kemeja putih, peci hitam dan peserta wanita menyesuaikan. (sor)

Print Friendly