Peringati Maulid, Civitas Akademika UINSU Diajak Teladani Akhlak Nabi Muhammad

Plt Rektor UINSU, Prof Dr H Abu Rokhmad MAg

KANALMEDAN – Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah/2022, di Gelanggang Mahasiswa Kampus I Jalan IAIN, Medan, Jumat (14/10/2022)

Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama (AAKK) Dr H Dur Brutu MA selaku ketua panitia menyampaikan, kegiatan itu digelar berdasarkan surat keputusan Rektor UINSU Medan Nomor: 438 tentang maulid di jajaran UIN SU. “Salah satu tujuannya untuk meningkatkan keimanan dan kinerja civitas akademika UINSU,” kata Brutu dalam keterangan tertulisnya Jumat sore (14/10/2022).

Plt Rektor UINSU, Prof Dr H Abu Rokhmad MAg mengatakan, melalui momentum peringatan Maulid ini, seluruh civitas kampus diajak meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kinerjanya. Rokhmad berharap keteladanan dan spirit Nabi Muhammad bisa memberkahi UINSU dan menyelesaikan tantangan dan berbagai pekerjaan rumah.

“Huruf I yang berarti Islam dalam kata UIN itu agar dijadikan hal yang penting dan harus disadari sebagai semangat untuk bergerak untuk warga UINSU,” kata Rokhmad.

Rokhmad mengaku bahagia bisa menerima arahan dari Irjen Kemenag yang memberikan pembinaan ASN di lingkungan kampus Islam yang dinaungi kementerian tersebut. Rokhmad mengajak civitas akademika UINSU menjadikan Nabi Muhammad
sebagai sosok inspektur sejati.

Rokhmad menambahkan walau sebagai pelaksana tugas ia masih punya kewenangan yang cukup untuk mengarahkan pegawai bahkan bisa menggeser para pejabat kampus kalau tidak satu barisan.

Rois Syuriah PWNU Sumatera Utara, KH Bahauddin Nasution, Lc menjelaskan makna Maulid Nabi yang berarti kelahiran di Rabiul Awal yang juga berarti musim semi atau bunga. Ia berpesan, sebagai insan yang memaknai maulid agar menyebarkan nilai-nilai kepada sesama.

Ketua PW Muhammadiyah Sumut, Prof Dr Hasyimsyah Nasution, MA menyampaikan, umat beragama wajib mengikuti nabi yang dihadirkan Tuhan di dunia. Dengan nilai dan kasih sayang maka tidak akan berbuat zalim dan tidak adil bagi sesama. Bekerja dengan kasih sayang dan sesuai aturan akan mendatangkan rahmat.

Irjen Kemenag RI Dr H Faisal Ali Hasyim, SE MSi, CA, CSEP dalam arahannya menyampaikan, UIN SU adalah aset luar biasa dengan 38 ribu mahasiswa. Perlu semangat untuk mengembalikan kejayaan UINSU di masa depan.

UINSU harus jadi role model dengan usaha-usaha, terkhusus menuju zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani. UINSU perlu perbaikan tata kelola dan kinerja untuk mencapai perubahan positif, kata Faisal. (SC08)

Teks
Plt Rektor UINSU, Prof Dr H Abu Rokhmad MAg

Print Friendly