Dies Natalis Ke-68, UHN Medan Cetak SDM Unggul dan Berdaya Saing Global Menuju World Class University


KANALMWDAN – Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan merayakan hari lahirnya yang ke- 68 tahun bersamaan dengan berdirinya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan pada Jumat (07/10/2022).

Dengan mengusung tema “Universitas HKBP Nommensen Medan Membangun SDM Unggul dan Berdaya Saing Global Menuju World Class University (WCU)” secara hybrid di Auditorium UHN Medan Lantai 3 dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi UHN Medan Official. Tentunya di usia ke-68 tahun tersebut menandakan seberapa jauh perjalanan yang telah dilalui oleh UHN Medan dimana universitas ini telah banyak meraih pencapaian-pencapaian gemilang dan selalu mengambil peran yang signifikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dalam Tri Dharma Perguran Tinggi.

Rangkaian kegiatan turut memeriahkan momentum Dies Natalis kali ini antara lain : Orasi Ilmiah “Penerapan Bioteknologi Reproduksi untuk Peningkatan Produktivitas Ternak Babi di Sumatera Utara” yang dibawakan oleh Dosen Fakultas Peternakan UHN Medan, Dr. Parsaoran Silalahi, S.Pt., M.Si; Pemberian Cenderamata kepada Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Berprestasi dan Aksi Penanaman Bibit 1 juta pohon yang merupakan kerja sama PT. Mahkota Group Tbk, Fakultas Hukum UHN Medan dan UKM Mahasiswa Pecinta Alam UHN Medan. Acara ini juga dimeriahkan oleh persembahan tarian dari UKM Seni dan Budaya UHN Medan.

Rektor UHN Medan, St. Dr. Haposan Siallagan, SH., MH dalam sambutannya mengatakan semangat visi misi para pendiri UHN Medan melekat kuat di hati, pikiran dan kemauan para generasi penerus untuk tetap semangat memajukan universitas ini.

“Mengenang 68 taahun silam, para tokoh masyarakat dan tokoh gereja serta cendekiawan HKBP bersepakat untuk mendirikan universitas ini. Mereka berkeyakinan teguh bahwa perjuangan Negara Republik Indonesia adalah mengisi kemerdekaan ini dengan jalan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui pendidikan dan kebudayaan. Betapapun dalam perjalanannya banyak mengalami berbagai ujian, kepahitan dan kesulitan namun semangat juang kami tidak akan pernah goyah untuk menjadikan UHN Medan sebagai pengabdian dan ladang ibadah bagi kita semua dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucap Haposan.

Pada hakekatnya, tambahnya,  tujuan UHN adalah mengemban tugas yang diberikan oleh masyarakat untuk mendidik para mahasiswa. “Motto UHN Medan ini yaitu Pro Deo et Patria yang merupakan kristalisasi pemikiran para pendiri yang mengandung makna  bahwa kehadiran universitas ini tidak hanya sebatas membuat seseorang sukses untuk diri sendiri tetapi terutama untuk kemuliaan bagi Tuhan dan kesejahteraan Ibu Pertiwi,”tuturnya.

Hadir memberikan sambutan, Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut, Prof. Ibnu Hajar, M.Si berharap momentum ulang tahun ini dijadikan untuk terus bergerak menghasilkan karya-karya yang  luar biasa dan terukur sesuai dengan parameter untuk mewujudkan World Class University. ”Parameter itu adalah penguatan sinergi dengan sesama mitra kampus, sesama stakholder. Yang paling penting kita jadikan anak-anak itu menjadi orang yang berintegritas. Tidak hanya academic achievment tetapi juga character building itu menjadi penting. Yang patuh terhadap nilai-nilai agama sekaligus. Saya senang sekali  begitu saya datang, masih ada kegiatan keagamaan menjadi simbol bagaimana karakter tadi itu tetap dipertahakankan di kampus ini. Anak-anak itu menunjukkan diri nya sebagai orang yang beintegritas yang patuh kepada nilai-nilai agama dan budaya,” ucap Ibnu.

Mewakili Wali Kota Medan, Renward Parapat selaku Asisten Administrasi Umum Pemko Medan berharap di usia ke-68 tahun ini agar para alumni UHN Medan berkiprah memberikan sumbangsih kepada bangsa ini dalam bentuk pemikiran maupun saran agar keberadaan UHN Medan akan makin kokoh di tanah air. “Ini juga bisa dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi atas apa yang telah dilakukan di masa lalu, yang sedang dilakukan saat ini dan yang akan dilakukan di masa yang akan datang dengan memaksimalkan berbagai potnsi yang belum diekplorasi secara maksimal. Semoga semakin banyak meraih prestasi yang membanggakan,” tutupnya.

Kata sambutan juga disampaikan oleh Pembina Yayasan yang diwakilkan oleh Kepala Departemen Marturia Pdt. Daniel T. Harahap, M.Th; Ketua Pengawas Yayasan, Dr. (HC) Capt. Anton Sihombing; Pengurus Yayasan, Prof. Ramlan Silaban, MS; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHN Medan, DR. E. Hamonangan Siallagan, M.SI; Tokoh Masyarakat, Kombes Pol. (Purn), Dr. Maruli Siahaan, SH., MH; Mewakili Mitra Kerjasama, Usli Sarsi selaku Direktur Utama PT. Mahkota Group. Turut hadir Kadep Diakonia HKBP Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, Praeses Distrik X Medan Aceh Pdt. Henri Napitupulu, M.Th, Perwakilan Pengawas dan Anggota Pengurus Yayasan, Rektor UNPRI Prof. Dr. Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes,  Kepala Divisi Pelayanan SDM dan Umum PT. Pelindo 1, Kasih Dwi Yanti, Para Wakil Rektor, Anggota Senat Universitas, Dekanat, Ketua Lembaga, Dir. Pascasarjana, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa.

Pada kesempatan ini juga universitas memberikan penghargaan kepada Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Berprestasi. Tahun ini, 2 (dua) orang Dosen Tetap UHN Medaan telah berhasil mendapatkan gelar Guru Besar/ Profesor, yaitu Prof. Dr. Efron Manik, M.Pd dan Prof. Junita Batubara, S.Sn., M.Sn., Ph.D. Sehingga total keseluruhan Dosen Besar di UHN Medan ada 8 (delapan) orang Guru Besar. Tidak hanya itu, UHN Medan juga memberikan penghaargaan kepadaa dosen yang sudaah menyelesaikan tugas belajar S3 (Program Doktor) dan 3 (tiga) orang Dosen Berprestasi SINTA, 3 (tiga) orang Pegawai Berprestasi  dan 2 (dua) orang mahasiswa berprestasi. (Nas)

Print Friendly