Bidang Penmad Kanwil Kemenagsu Gelar Workshop

KANALMEDAN – Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara menggelar Workshop Persiapan Bimtek dan Pendampingan EDM dan e-RKAM Tingkat Provinsi dan Penyaluran bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi di Hotel Polonia Medan, Senin (3/10).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Erwin P Dasopang, M.Si dan PJF Fahmi Siregar.

Kakanwil mengatakan bimtek EDM dan e- RKAM penting bagi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah dan Seksi Pendidikan Islam serta para operator. Tujuannya agar memahami petunjuk yang ditentukan oleh otoritas sehingga madrasah di Sumatera Utara nantinya termasuk yang akan mendapat bantuan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta bimtek memahami petunjuk dan hal teknis pengisian EDM dan e-RKAM tersebut sehingga madrasah bisa mendapatkan bantuan baik bantuan kinerja dan bantuan afirmasi dari Bank Dunia,” kata Kakanwil.

Ia juga mengatakan, bantuan kinerja dan bantuan afirmasi merupakan bantuan pemerintah yang disalurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama pada madrasah penerima bantuan dalam bentuk dana/uang, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kakanwil juga mengatakan Realizing Education’s Promise and Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) merupakan proyek untuk meningkatkan kualitas tata kelola penyelengaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama, bekerjasama dengan World Bank. Proyek ini akan dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai dengan pelaksanaan proyek pada tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024.

“Komponen tersebut yaitu Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) Secara Nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah, Penerapan Sistem Penilaian Hasil Belajar, Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk Guru, Tenaga Kependidikan di Madrasah, dan penguatan sistem untuk mendukung pengembangan kualitas,” tambahnya. (sor)

Print Friendly