Kakanwil Kemenagsu Terima Pengurus IKA PMII Sumut

Kakanwil Kemenagsu Drs. H. Abdul Amri Siregar, MAg, Kabag TU Drs. H. Ahmad Qosbi Nasution, MM dan Kabid Urais Drs. H. Muslim diabadikan bersama pengurus PW IKA PMII Sumut dan Panitia Pembangunan Kantor IKA PMII.

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenagsu) Drs. H. Abdul Amri Siregar, MAg menerima audiensi Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Sumut, Rabu (7/9/2022) di ruang rapat Kanwil Kemenagsu, Jalan Gatot Subroto Medan.

Rombongan IKA PMII Sumut dipimpin Sekretaris PW IKA Sumut Drs. Hamdani Nasution bersama Ketua Panitia Pembangunan Kantor IKA PMII Sumut Dr Aswan Jaya, Sekretaris Panitia Pembangunan Parulian Siregar, MA, Bendahara Drs. Kaya Hasibuan, Wakil Ketua IKA PMII Sumut Suhesti Wira Dharma, MA dan Ketua Pengurus Cabang (PC) IKA PMII Deliserdang Yusrizal “Mido”.

Sedangkan Kakanwil Kemenagsu didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Drs. H. Ahmad Qosbi Nasution, MM, Kabid Urais Drs. H. Muslim, dan Penanggung Jawab Kehumasan Muhammad Yunus.

Dalam kesempatan itu, Hamdani Nasution berharap banyak terhadap para alumni yang ada di lingkungan Kemenag supaya dapat berpartisipasi untuk kelangsungan penyelesaian pembangunan kantor alumni di Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang. “Karena bila tidak diramai-ramaikan, kita khawatir Rumah Besar kita ini akan lama selesainya,” katanya.

“IKA PMII Sumut sangat berterimakasih kepada Kakanwil Kemenag Sumut yang menerima kami beraudiensi dengan hangat dan ramah. Kami menilai Pak Kakanwil figur sederhana dan rendah hati atau tawaduk. Cara pandang dan pemikiran beliau ini sangat mencerdaskan,” tambah Hamdani.

Ketua Panitia Pembangunan Kantor IKA PMII Sumut Dr. Aswan Jaya menambahkan, kedatangan pihaknya bersilaturahmi ke Kakanwil untuk menyampaikan niat ingin terus melakukan pembinaan terhadap kader-kader PMII. Tapi proses pembinaan terhambat akibat fasilitas kantor yang belum representatif. Karenanya, dengan cara gotong royong IKA PMII membeli tanah untuk pertapakan kantor yang diproyeksikan untuk Rumah Besar PMII Sumut.

“Di areal seluas 375 M2 di Jalan PWI Desa Sampali Deliserdang itu baru berdiri satu mushala, 1 kamar sekretariat dan tiang-tiang bangunan kantor. Kondisi bangunan sekarang sedang mangkrak. Karenanya kami datang bersilaturahmi dengan Pak Kakanwil kiranya berkenan menggerakkan penggalangan donasi terutama dari kader-kader PMII di jajaran Kemenag Sumut,” harap Dr Aswan Jaya yang juga akademisi dan fungsionaris PDIP Sumut.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenagsu H Abdul Amri Siregar menyampaikan terimakasih atas kunjungan PW IKA PMII Sumut dan Panitia Pembangunan Kantor. Amri menyatakan bangga dan berayukur, para alumni PMII telah mampu membeli tanah pertapakan sekretariat dan sudah memulai pembangunannya.

“Mendengar ini saya sangat berayukur. Apalagi pembangunannya sudah dimulai, sudah ada tanah dan fondasi. Kita perlu mencari langkah-langkah agar keinginan baik ini bisa terealisasi secepatnya,” kata mantan Ketua PWNU Sumatera Selatan ini.

Kakanwil kemudian meminta Kabag TU Kanwil Kemenagsu H. Ahmad Qosbi Nasution dan Kabid Urais Muslim untuk melihat dan menggali potensi yang bisa digerakkan dalam penggalangan donasi pembangunan kantor PMII Sumut. “Dengan cara pandang dan kecintaan terhadap PMII, para alumni dan kader bisa digerakkan,” katanya.

Kakanwil juga menyarankan panitia pembangunan dan IKA PMII untuk mencari atau menggalang figur-figur yang punya power untuk percepatan pembangunan Rumah Besar PMII.

Amri juga berharap, agar kantor yang dibangun nantinya bukan hanya untuk alumni, tapi juga untuk adik-adik PMII. “Sebaiknya nanti semua berkantor di situ. Jadi bukan hanya alumni, tapi juga adik-adik PMII,” harap Amri. (Nas)


Print Friendly