Kakanwil Kemenagsu: Madrasah Harus Unggul

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag lantik Kepala Madrasah Negeri (MAN) 1 Padanglawas dan Kepala MAN 3 Padanglawas di Aula Kanwil Kemenagsu, Rabu (10/8).

Hj. Mahnidar Azwarni Nasution sebelumnya sebagai Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri ( MTsN) 1 Padanglawas menjadi Kepala MAN 1 Padanglawas. Kemudian Nuraini yang sebelumnya Kepala MTsN 3 Padanglawas menjadi Kepala MAN 3 Padanglawas.

Kakanwil Kemenagsu mengatakan bahwa dalam sistem tentu diperlukan kepemimpinan agar sistem tersebut berjalan dengan baik sesuai tujuan.

Kepala Madrasah sebagai pimpinan tertinggi di madrasah, kata Kakanwil, punya peran penting dalam mengelola madrasah menuju madrasah hebat mandiri berprestasi.

“Hari ini Ibu ditunjuk dan diberi amanah tugas di tempat yang baru. Amanah ini harus diemban dan dilaksanakan sebaik mungkin. Kita ingin madrasah dapat mewujudkan cita-citanya yaitu madrasah yang mandiri berprestasi,” kata Kakanwil.

Ia juga mengatakan bahwa beberapa waktu yang lalu Kepala Madrasah melakukan pertemuan untuk melaporkan kegiatan dan pelaksanaan anggaran selama 1 semester. Untuk itu, Kepala Madrasah yang baru dilantik untuk langsung berkoordinasi dengan tim agar capaian anggaran dapat dilaksanakan sesuai yang direncanakan.

Abd. Amri juga menegaskan kepada Kepala Madrasah untuk unggul dalam ruang lingkup kompetensi seperti kepribadian, manajerial, sosial, dan supervisi. Kakanwil juga berpesan agar Kepala Madrasah terus melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil dan juga Kepala Kantor di Kantor Kementerian Agama daerah masing-masing.

Kakanwil juga ingin Kepala Madrasah memastikan tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa harus menjadi acuan dalam melaksanakan aktivitas di madrasah.

“Tugas Ibu untuk melakukan perbaikan di madrasah tersebut. Tingkatkan apa yang sudah menjadi prestasi dan tingkatkan mutu madrasah. Tanggung jawab dengan tugas dan amanah yang diberikan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan Pelantikan Kepala Bagian Tata Usaha H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Erwin P. Dasopang, M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Padanglawas H. Abdul Manan, MA dan para pejabat Eselon III lainnya serta PJF di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut. (sor)

Print Friendly