UMA Akan Wisuda 675 Lulusan, Usung Tema ‘Wawasan Tanpa Batas’

Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng, MSc (kedua kiri) didampingi WR III Dr Rizkan Zulyadin SH, MH, Ketua Panitia Sri Irawati SSos, MAP dan Kabag Humas Suwarni SSos saat menyampaikan keterangan kepada wartawan.

KANALMEDAN – Universitas Medan Area (UMA) akan mewisuda 675 lulusan program sarjana dan magister, di Gelanggang Serbaguna Kampus I UMA, Jalan Kolam Medan Estate, Sabtu (25/6/2022).

“Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, wisuda tetap menerapkan protokol kesehatan. Wisuda akan dibagi dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang,” kata Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Rizkan Zulyadi SH MH, Ketua Panitia Wisuda Sri Irawati SSos MAP dan Kabag Humas UMA Suwarni SSos, kepada pers.di ruang rapat rektor, Kampus I UMA Jalan Kolam Medan Estate, Rabu (22/6/2022).

Wisuda periode I tahun 2022 ini, kata rektor, mengusung tema “Global, Kolaborasi dan Berwawasan Tanpa Batas: UMA Menuju Green Digital University 2033”.

Tema wisuda kali ini, jelas rektor, sesuai dengan visi misi UMA di periode kedua kepemimpinannya (2022-2026). “Saya sudah cananangkan, di periode kedua kepemimpinan saya UMA sudah jadi green digital university atau universitas digital hijau. Dalam hal ini UMA harus menerapkan 99 persen plelayanan digital dengan memperhatikan lingkungan,” kata mantan Dekan Fakultas Teknik UMA ini.

Dikatakan, green (hijau) bukan hanya soal sampah dan lingkungan, tapi juga kejujuran. Sedangkan digital adalah kepastian. “Pelayanan harus pasti dan benar. Sedangkan menuju green pasti ada kolaborasi,” ucap Dadan Ramdan.

Seperti pada wisuda-wisuda sebelumnya, di sela-sela acara akan ada pemberian apresiasi kepada mahasiswa dan dosen berprestasi.

Selain itu, rektor akan mengungkap berbagai prestasi UMA yang membuat wisudawan bangga jadi almuni. Di antaranya UMA adalah penerima bantuan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang kontraknya telah ditandatangani di Bandung, Jawa Barat pada 16 Juni lalu. Bantuan PKM ini dimenangkan oleh kelompok mahasiswa Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian UMA.

Kemudian, UMA adalah penerima bantuan beasiswa Bank Indonesia (BI) untuk 50 orang mahasiswa per tahun masing-masing menerima Rp1 juta per bulan atau Rp12 juta per tahun.

“Pada wisuda ini, saya selaku rektor juga akan sampaikan, bahwa UMA memiliki dua prodi baru, yakni Magister Manajemen (MM) pada Program Pascasarjana, dan Prodi Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Agama Islam (FAI) yang mulai dibuka tahun akademik ini. Khusus Prodi MM akan menampung 30 mahasiswa baru, dan sudah ada calon mahasiswa yang mendaftar, di antaranya dari Hongkong,” ungkap Dadan.

Rektor juga bangga sejumlah wisudawan dari Fakultas Teknik sudah diterima di pasar kerja sehingga tak bisa mengikuti prosesi wisuda. “Sejumlah wisudawan dari Fakultas Teknik hanya diwakili orangtuanya. Nama wisudawan tetap dipanggil, kemudian disaksikan orang tuanya,” tutur Dadan Ramdan.

Rektor juga menyatakan senang, untuk pertama kalinya jumlah wisudawan Fakultas Teknik melebihi wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). “Ini artinya, Fakultas Teknik sudah berbenah. Mahasiswanya sudah lulus sesuai dengan standar, yakni.4 tahun dengan IPK rata-rata 3,5,” ucap rektor.

Ditambahkan, pada wisuda nanti terdapat mahasiswa yang lulus dalam program bilingual sehingga menerima ijazah dua bahasa.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Wisuda Sri Irawati SSos MAP merinci, dari 675 wisudawan, sebanyak 337 orang mengikuti prosesi wisuda pada sesi 1 (pukul 7.30 -11.30 WIB) terdiri dari Program Pascasarjana 89 orang, Fakultas Hukum 45 orang, Fakultas Teknik 151 orang, dan Fakultas Pertanian 51 orang.

Sedangkan wisuda sesi 2 (13.30.16.00 WIB) diikuti 338 orang, terdiri dari FEB 138 orang, FISIP 42 orang, Fakultas Psikologi 151 orang, dan Fakultas Sains dan Teknologi 7 orang.

“Dengan wisuda hari Sabtu nanti, jumlah alumni UMA tercatat 29.346 orang,” ujar Sri Irawati yang juga Kepala Biro Administrasi Registrasi Kemahasiswaan dan Informasi (Barki) UMA.

Ditambahkannya, pada wisuda ini akan hadir sejumlah pejabat, mitra kerja dan alumni. Di antaranya pada sesi pagi akan hadir Gubernur Sumut, Kepala LLDikti Wilayah I Sumut, Kepala Perwakilan BI Sumut, dan Direktur PDAM Tirtasari Kota Binjai Taufik ST MEng selaku alumni FT UMA.

Kemudian pada wisuda sesi 2 akan hadir Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, perwakilan Bank Mandiri, PT Telkomsel, dan Plt Bupati Langkat Syah Afandin selaku alumni UMA.

Di luar gedung acara wisuda, juga akan digelar Ekspo Kewirausahaan yang menampilkan karya-karya mahasiswa baik prestasi mahasiswa maupun kuliner.

Wakil Rektor III UMA Dr Rizkan Zulyadi SH MH menambahkan, konsep wisuda kali ini mengacu pada kearifan lokal di Sumut khususnya daerah Tapanuli Selatan. “Baik desain undangan, dekorasi dan lainnya memakai ornamen Tapsel ” kata mantan Dekan FH UMA ini.

Rizkan juga mengatakan, para calon wisudawan telah mengikuti Pelatihan Memasuki Dunia Kerja (PMDK) selama dua hari dengan mendatangkan sejumlah narasumber baik dari dosen UMA maupun dari luar UMA seperti dari Surabaya dan Jakarta. (Nas)


Print Friendly