Kakanwil Kemenagsu Sampaikan Persiapan Haji Sumut ke Komisi VIII DPR RI

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provini Sumatera Utara, Drs H Abdul Amri Siregar MAg mengatakan, kuota haji reguler Sumut berjumlah 3777 orang, pembimbing KBIHU 5 orang dan Petugas Haji Daerah (PHD) 20 orang.

“Hal ini sesuai dengan Keputusan Menag RI nomor 405 tahun 2022 tentang kuota haji Indonesia ” kata Kakanwil Kemenagsu kepada anggota Komisi VIII DPR RI di Asrama Haji Medan, Senin ( 23/5).

Lebih lanjut Kakanwil mengatakan, saat ini jemaah haji reguler yang telah melunasi BPIH sebanyak 3581 orang (94,19) persen, yang tidak melunasi 196 orang, PHD 20 orang dan pembimbing KBIHU 5 orang (05, 81 persen).

Untuk memengisi sisa kuota jemaah haji Sumut yang belum terpenuhi sebanyak196 jemaah, kata Amri, akan diambil dari jemaah cadangan yang telah melakukan konfirmasi dan pembayaran pelunasan berdasarkam nomor urut porsi Provsu.

“Tahun ini Sumut memberangkatkan 10 kloter dengan jumlah penumpang 3852 dengan pesawat Garuda. Petugas kloter 20 orang, terdiri dari TPHI 10 orang dan TPIHI 10 orang. Sedangkan PHD sebanyak 20 orang dan pembimbing KBIHU sebanyak 5 orang,” tuturnya.

Terkait penyusunan regu, rombongan dan pengkloteran jemaah, kata Amri, ditentukan berdasarkan usulan dari kemenag kab/ kota se Sumut.

Sementara kepala UPT Asrama Haji Medan, H Ramlan Sudarto SH MSi mengatakan, penerimaan jemaah haji di gedung Jabal Noor,
pemeriksaan kesehatan di klinik Ibnu Sina, penginapan di Hotel Madinatul Munawwaroh, ruang makan di gedung Bir Ali, pembagian liping cost dan prosesi pemberangkatan dari aula Madinatul Hujjaj.

“Insya Allah kami siap menerima kedatangan jemaah haji di Ahmed,” kata Ramlan.

Komisi VIII DPR RI yang melakukan kunker ke Asrama Haji Medan dipimpin ketua tim H Marwan Dasopang. (sor)

Print Friendly