UISU Tandatangani Kerjasama di Unisba dan UII

Rektor UISU Dr. H Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor UII Prof. Fathul Wahid ST, MSc, PhD memperlihatkan nota kesefahaman yang sudah ditandatangani kedua pimpinan Universitas

KANALMEDAN – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menandantangani 5 kerjasama di Universitas Islam Bandung (Unisba) dan 7 kerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta pekan lalu. Penandatanganan kerjasama itu dilakukan selama lawatan studi banding ke Bandung dan ke Jogjakarta yang diikuti Rektor UISU Dr. H Yanhar Jamaluddin, MAP bersama wakil-wakil rektor dan seluruh dekan di lingkungan UISU.

Senin (21/3), Rektor UISU beserta rombongan diterima di Kampus Utama Tamansari Unisba oleh Wakil Rektor I Universitas Islam Bandung Prof. Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D., IPM beserta seluruh pimpinan Universitas dan Fakultas di lingkungan Unisba. Pada kesempatan itu, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, menyatakan bahwa kehadiran UISU dalam rangka menindaklanjuti MoU antara UISU dengan Unisba yang ditandatangani tahun 2018 lalu.

Pada pertemuan itu, dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreemen (MoU) atau perjanjian kerjasama antara unit-unit di lingkungan UISU dan Unisba. Kerjasama Fakultas Hukum UISU dengan Fakultas Hukum Unisba, Fakultas Ekonomi UISU dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba, Fakultas Teknik UISU dengan Fakultas Teknik Unisba, Fakultas Agama Islam UISU dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisba dan LPM UISU dengan BPM Unisba. Kedua pimpinan Universitas mengapreasiasi kerjasama yang ditandatangani dan berharap agar kerjasama dapat diiimplementasikan secepatnya dalam bentuk kegiatan-kegiatan antar unit di dua perguruan tinggi. Rombongan dari UISU juga berkesempatan untuk berdiskusi dan melihat langsung kegiatan di masing-masing fakultas sebagai bahan studi banding dalam rangka memantapkan kerjasama masing-masing perguruan tinggi.

Sementara itu, kedatangan rombongan UISU di Kampus UII di Kaliurang Selasa (22/3) langsung diterima Rektor UII Prof. Fathul Wahid ST, MSc, PhD beserta jajaran Wakil Rektor UII dan Dekan dilingkungan UII Jogjakarta. Pada kesempatan itu, rombongan UISU diterima di Auditorium Prof. KH Abdul Kahar Mudzakkir.

Pada pertemuan itu, Rektor UISU bersama Rektor UII berkesempatan melakukan penandatanganan MoU antara kedua universitas dan dilanjutkan dengan penandatanganan MoA unit-unit yang ada di lingkungan Universitas masing-masing. Yakni, Fakultas Hukum UISU dengan Fakultas Hukum UII, Fakultas Sastra UISU dengan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII, Fakultas Kedokteran UISU dan Fakultas Kedokteran UII, Fakultas Teknik UISU dengan Fakultas Teknik Sipil UII, FKIP UISU dengan F MIPA UII serta FAI dengan Fakultas Ilmu Agama Islam UII.

Usai penandatanganan MoU dan MoA, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara pimpinan perguruan tinggi dan pimpinan masing-masing unit. Kedua pimpinan perguruan tinggi sepakat untuk saling berkolaborasi guna mengimplementasikan nota kesepahaman dan kerjasama yang sudah ditandatangani masing-masing unit.

Ikut dalam rombongan dari UISU di antaranya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA. Sementara itu, seluruh dekan di lingkungan UISU juga ikut dalam kegiatan studi banding sekaligus penandatanganan kerjasama di Unisba dan UII. (Nas)

Print Friendly