Saipul Sihotang, Ahli Bioteknologi Anggrek dan Kentang Kunjungi Kediaman Syaiful Syafri

KANALMEDAN – Saipul Sihotang, S.Si, M.Biotek, ahli tanaman anggrek dan kentang, mengunjungi kediaman mantan Kadis Pendidikan Sumut, Drs Syaiful Syafri, MM, di kawasan Jalan Willem Iskandar Medan, Jumat pagi (11/03/2022).

Kunjungan Staf Khusus Lenis Kagoya (Staf Khusus Presiden Jokowi) ini untuk berdiskusi tentang temuan verietas baru anggrek dan buah kentang. Menurut Saipul Sihotang yang juga Dosen Universitas Medan Area (UMA) dan ahli dalam bidang Kultur Jaringan Tanaman dan Mikrobiologi, selama ini khusus buah kentang belum ada bibit unggul di wilayah Sumatera.

Saipul Sihotang sendiri menjadi Staf Khusus Lenis Kogoya untuk pengembangan pertanian dan inovasi produk. Saipul adalah alumni S1 Biologi UMA dan Pascasarjana Prode Bioteknologi Universutas Andalas Padang. Saipul pernah bekerja pada Laboratorium terpadu Univrsitas Prima Indonesia Medan pada 2019 – 2021.

Di kediaman Syaiful Syafri, Saipul Sihotang diperkenalkan berbagai jenis tumbuhan anggrek yang ada di pekarangan kediaman Pj Bupati Batubara 2008 itu. Syaiful Syafri berharap Saipul Sihotang bisa mengemas tanaman itu dengan perkawinan silang dalam rangka memproduksi anggrek verietas baru.

Di kesempatan yang sama, Drs Syaiful Syafri MM, langsung bertelepon dengan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut Prof. Dr Ibnu Hajar M.Si guna memperkenalkan Saipul Sihotang sekaligus mempersiapkan waktu untuk berdiskusi. Diharapkan, keilmuan yang dimiliki Saipul Sihotang bisa dikembangkan mahasiswa di jajaran LLDikti sebagai praktik pertanian dan tanaman hortikultura. (Nas)

Print Friendly