Kemenagsu Dukung Kualanamu Gerbang Pemberangkatan dan Pemulangan Umrah

KANALMEDAN-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Drs. H. Muslim Lubis, MM menyatakan kesiapannya memberikan pelayanan pada jemaah umrah dan mendukung Kualanamu yang dijadikan sebagai salah satu gerbang meberangkatan dan kepulangan jemaah umrah.

Hal ini dikatakan Kabid PHU dalam pertemuan rapat kesiapan penerbangan umrah, Selasa (8/03) di Aula Jabal Nur UPT Asrama Haji Medan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh seluruh stakeholder layanan umrah di Sumatera Utara seperti Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Kantor Otoritas Bandara Wilayah II, EGM PT. Angkasa Pura II Kualanamu, KKP Kelas I Medan, Kantor Imigrasi TPI Bandara Kualanamu, Kantor Bea Cukau Bandara Kualanamu, dan juga Satgas Covid-19 Sumatera Utara, Staf Ahli Satgas Covid-19 Sumatera Utara. Pertemuan juga diikuti pihak penerbangan seperti SM. Lion Group Station Kualanamu, SM. Garuda Indonesia Station Kualanamu, dan SM PT. Air Asia Station Kualanamu.

Dalam pertemuan tersebut, Ka. Kanwil Kemenag Prov. Sumut, melalui Kabid PHU menyampaikan dukungan dan kesiapannya terhadap rencana pembukaan Bandara Kualanamu sebagai bandara pemberangkatan dan pemulangan jemaah umrah secara langsung (direct flight) ke Arab Saudi.

Di samping itu, Kabid PHU juga menyampaikan bahwa Skema Kebijakan Satu Pintu (One gate Policy) yang diterapkan Kementerian Agama RI, dapat diduplikasi dan dilaksanakan di Sumatera Utara.

“Kebijakan Satu Pintu yang diterapkan Kementerian Agama bisa diduplikasi dan dilaksanakan di Sumatera Utara. Kebijakan tersebut telah berhasil dalam menyelenggarakan umrah di masa pandemic,” kata Muslim.

Sementara itu, Kepala UPT. Asrama Haji Medan H Ramlan Sudarto SH juga menyatakan dukungan dan kesiapan Embarkasi Medan sebagai tempat screening kesehatan jemaah umrah, dan siap menerima pemulangan jemaah umrah dari Arab Saudi. Karena UPT Asrama Haji Medan memiliki kapasitas dan fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

“Saat ini Asrama Haji Medan memiliki 250 kamar setara hotel bintang 3, klinik kesehatan, aula pemberangkatan atau pemulangan jemaah umrah, dan sarana pemantapan bimbingan manasik, serta fasilitas lainnya,” katanya. (sor)

Print Friendly