BUMDes Alga Makmur Bangun Kolam Kembangkan Ikan Patin dan Nila

LANGKAT – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Alga Makmur, Desa Alur Gadung Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, membangun kolam guna mengembangkan budidaya ikan Patin, Nila dan ikan Mas.

Bendahara Bumdes Alga Makmur Desa Alur Gadung, Zulham Efendi, saat menerima kunjungan Tim TAPM Kemendesa di areal kolam ikan.

Tim Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kemendesa di Langkat, telah meninjau unit usaha BUMDes tersebut, Senin (07/02/2022).

Tim TAPM Kemendesa di Langkat yang hadir dalam peninjauan tersebut yakni Mayjen Simanungkalit, Evi Mahyuni, Budi Hartono dan Dian Taufik Ramadhan. Hadir juga M.Sadat selaku Korcam Sawit Seberang dan para Pendamping Lokal Desa (PLD) di kecamatan tersebut.

Kolam ikan tersebut ada dua unit, dibangun tahun 2021 yang lalu, dengan melepas 30 ribu bibit ikan Patin, Nila dan ikan Mas.

“Target kita adalah, bagaimana lahan tidur dapat dimanfaatkan BUMDes. Saya yakin, prosfek ekonomi usaha ini sangat bagus”, kata Zulham Efendi Bendahara BUMDes Alga Makmur.

Dilaporkan, BUMDes Alga Makmur Desa Alur Gadung, menggelontorkan Rp 24 juta, untuk membangun kolam ikan tersebut.
Kolam ikan tersebut memanfaatkan lahan tidur, bekas gajian tanah saat pembangunan benteng sungai.

Kolam tersebut menjadi unit usaha BUMDes Alga Makmur, dengan membuka areal pemancingan. Bagi pemancing ikan, dapat menyalurkan hobinya disini.

Ikan hasil pancingan, dihargai secara berpariasi. Ikan mas dihargai Rp 35 ribu perkilo, Patin Rp 20 ribu, Nila Rp 25 ribu. Ada juga ikan campur sari seperti Lemeduk, Gabus dan Mujahir. (Red).

Print Friendly