Kakanwil Kemenagsu Hadiri Syukuran Natal dan Tahun Baru Bimas Katolik

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs H Abd Amri Siregar MAg, menghadiri syukuran Natal 2021 dan tahun baru 2022 keluarga besar Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara di Chatolic Center Pandan, Tapanuli Tengah, Jumat (7/1).

Hadir pada acara tersebut Pembimas Katolik Kanwil Kemenagsu, Pendi Justianus Lukas Sinurat, M. Pd, Yulia Sinurat, M. Pd dan Wanton Naibaho, M. Pd ( kakan Kemenag Tobasa) dan Kakankemenag Tapteng, Sibolga, dan Tapsel.

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenagsu mengatakan bahagia karena tahun ini Bimbingan Masyarakat Katolik Kanwil Kemenagsu kembali mengadakan syukuran natal dan tahun baru dengan suka cita setelah sebelumnya terkendala akibat pandemi.

Kakanwil berharap kedepan semakin membaik dan normal kembali sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan normal kembali.

“Semoga di tahun 2022 ini kondisi negara kita semakin membaik, diberikan rezeki sehingga kita bisa berbagi, karena berbagi juga bagian dari rasa syukur,” kata Kakanwil.

Kakanwil Kemenagsu juga mengapresiasi karena dalam acara syukuran Bimas Katolik fokus pada pembahasan moderasi beragama.

“Saya berterima kasih kepada penyelenggara karena telah menggelorakan moderasi beragama yang mana kita tau saat ini terus kita gaungkan. Semoga keharmonisan kita dalam berbangsa dan bernegara semakin erat,” lanjut Kakanwil.

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil menyampaikan bahwa indeks kerukunan umat beragama Provinsi Sumatera Utara sangat baik, maka perlu dijaga dan dirawat dalam bingkai NKRI

“NKRI ibarat kapal besar dimana didalamnya terdapat berbagai agama, suku, bahasa, dan budaya. Bersama mengarungi samudera dan saling berpegang erat melawan ombak. Artinya, walau kita berbeda, kita telah berhasil melalui ombak yang menerjang, kita tetap berjalan dengan kepercayaan masing-masing tanpa menganggu, karena kita telah memilih untuk bersatu,” tegas Kakanwil.

Kakanwil berharap pelaksanaan kegiatan syukuran berjalan dengan damai dan sesuai dengan tujuan.
“Mari kita maknai natal dan tahun baru kali ini dengan terus berdoa semoga kita semakin sukses, semakin baik, dan semakin harmonis,” tutup Kakanwil.

Sementara itu, Pembimas Katolik Pendi Justianus Lukas Sinurat, M.Pd mengatakan bahwa syukuran kali ini merupakan syukuran kelima kalinya diselenggarakan dan pertama kalinya dilaksanakan di Keuskupan Sibolga.

Sebelumnya, kata Sinurat, syukuran dilaksanakan di Keuskupan Medan.

Sementara itu Uskup Keuskupan Sibolga Mgr. Fransiskus Tuaman Aasfo Sinaga dalam sambutannya mengatakan agar seluruh umat Katolik terus bersyukur, karena bersyukur adalah bagian dari iman. Uskup juga berterima kasih kepada Kakanwil yang hadir dan mendukung acara syukuran tersebut.

Acara syukuran natal 2021 dan tahun baru 2022 dihadiri para guru dan penyuluh agama Katolik se Sumatera Utara. (sor)

Print Friendly