UISU Lakukan Kajian Akademik Penanganan Desa Kumuh di Bandar Rahmat Batubara

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP foto bersama Tim di depan Kantor Desa Bandar Rahmat.

KANALMEDAN – Universitas Islam Sumatera Utara melalui Pusat kajian Transportasi dan Prasarana Publik kini tengah melakukan kajian akademik terhadap pembangunan dan pengembangan desa Bandar Rahmat Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Demikian disampaikan Kepala Pusat Kajian Transportasi dan Prasarana Publik UISU Ir. Marwan Lubis, MT kepada wartawan Selasa (30/11/2021).

Dalam beberapa pekan terakhir, pihaknya bersama Tim sedang melakukan kajian secara akademik dengan melihat langsung kondisi di lapangan untuk mengumpulkan data yang valid guna pengembangan dan pembangunan desa Bandar Rahmat. Kegiatan itu, katanya, merupakan program penanganan desa kumuh di Kabupaten Batubara, yakni di Desa Bandar Rahmat.

Ir. Marwan mengatakan, bahwa tim nya sudah melakukan identifikasi dan invetarisasi kekumuhan desa Bandar Rahmat. “Kita sudah melakukan survey terhadap sumber air untuk menentukan letak atau posisi sumur bor guna program sanitasi atau air bersih. Selain itu, juga sudah dilakukan pendataan terkait topoghraphi daerah berdasarkan kontur daerah yang ada,” jelasnya.

Jadi, kata Marwan, beberapa program yang akan menjadi fokus pengembangan desa Bandar Rahmat adalah pembuatan drainase, sanitasi, gorong-gorong dan pemecah ombak. Saat ini, pihaknya, sedang melakukan kajian kajian lanjutan terkait dampak sosial dan lingkungan pengembangan dan pembangunan desa Desa Bandar Rahmat.

Selanjutnya, Tim dari UISU akan menyelesaikan hasil kajian akademik secara tertulis untuk disampaikan kepada Pemkab Batubara. Pihaknya berharap, kajian secara akademik terkait pengentasan desa kumuh Bandar Rahmat ini nantinya menjadi priortas dan perhatian untuk Pemkab Batubara untuk kesejahteraan 300 KK yang berada di desa Bandar Rahmat.

Sebelumnya, dalam proses identifikasi dan inventarisasi did esa bandar Rahmat, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP juga turun langsung untuk melihat kondisi Desa Bandar Rahmat. Termasuk melihat langsung salah satu destinasi wisata yang merupakan bagian dari wilayah administratif Desa Bandar Rahmat Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Ikut dalam rombongan Dekan Fakultas Teknik UISU Ir. Abdul Haris Nasution, MT beserta Tim diantaranya Ir. Luthfi Parinduri, MM dan Dr. Syofyan, SE, MSi.

Program penelitian dan kajian ilmiah terhadap penanganan desa kumuh Bandar Rahmat itu merupakan salah satu implementasi dari MoU yang sudah ditandatangani antara Rektor UISU dan Bupati Batubara. Terkait program penanganan Desa Kumuh, sebelumnya  Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP sudah menyampaikan secara rsmi kepada Bupati Batubara Ir. H. Zahir, MAP di Aula  Rumah Dinas Bupati Komplek Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka akhir Juni lalu (23/6).

Saat itu, Rektor UISU hadir bersama Ketua Lembaga Penelitian, Prof. Dr. Ir. Nurhayati MP dan Dekan Fakultas Teknik Ir. H. Abdul Haris Nastuion, MT beserta staf. Sementara itu, pertemuan itu juga dihadiri Anggota DPRD Batubara, para pimpinan OPD Pemkab Batubara dari  Dinas PMD, Bappeda, PUPR, Dinas Kesehatan dan OPD lainnya di jajaran Pemkab. Batubara. (Naa)

 

Print Friendly