Dirjen PPDT Kemendesa Resmikan Ekowisata Manggrove di Langkat

KANALMEDAN – Direktur Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Ir Eko Sri Haryanto MM meresmikan Ekowisata Manggrove di Desa Pasar Rawa, Kecamatan gebang, Kabupaten Langkat, Sumut, Minggu (30/05/2021).

Saat gunting pita peresmian.

Dalam Peresmian Ekowisata Manggrove dirangkai dengan Penanaman Manggrove Bersama itu, dia didampingi Direktur Penyerasian Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kemendesa PDTT, Dr Sumarlan MSi.

Dirjen PPDT Kemendesa Eko Sri Haryanto mengharapkan dengan peremian Ekowisata manggrove tersebut, maka kelesatarian mangrove akan terjaga sekaligus dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di kawasan hutan.

Disebutkan, Kemendesa kini fokus pada program SDGs desa. Dana Desa diarahkan guna mensejahterakan desa termasuk membangun sektor ekonomi desa dengan wisata desa.

“Ada 17 tujuan yang akan dituju dalam program SDGs desa. Maka kita sangat mendukung segala upaya untuk mewujudkan desa yang maju dan berkesejahteraan.Termasuk desa tangguh bencana”, katanya.

Ekowisata mangrove merupakan objek wisata yang berwawasan lingkungan, mengutamakan aspek keindahan yang alami dari hutan mangrove serta fauna yang hidup disekitarnya.

Kawasan Manggrove di Desa Pasar Rawa Gebang Langkat yang diresmikan Dirjen PPDT Kemendesa ini, luasnya mencapai 138 hektare .
Sebelumnya, kawasan ini telah diserahkan pemerintah kepada masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Pengolah Hutan Desa Pasar Rawa, melalui skema perhutanan sosial.

Bahkan Gubsu Edy Rahmayadi di tempat sama pada 4 Agustus 2020 silam pernah memimpin penanaman 2.020 pohon mangrove.

Sementara Direktur Program YAGASU, Melilinda Suryani Harefa menyebutkan, sebagai Non Government Organization pihaknya berkomitmen ikut dalam pemulihan ekosistem mangrove. Tujuannya adalah guna menciptakan ekosistem yang baik untuk mendukung keanekaragaman hayati, masyarakat dan iklim.

“Kami berkomitmen menjadikan kawasan ini sebagai desa tangguh bencana, dengan mitigasi dan pelestarian hutan manggrove”, kata Melilinda Harefa.

Hadir Kadis Kehutanan Sumut Herianto, Kadis PMD Provsu Ir Aspan Sopian Batubara MM, mewakili Bupati Langkat, tim Tenaga Ahli Kemendesa Kabupaten Langkat dan mewakili para Camat dan sejlah Kades di Kabupaten langkat. (Amani Waridi)

Print Friendly