Bubur Kanji Rumbi, Menu Khas Buka Puasa Bersama di Undhar

KANALMEDAN – Buka puasa bersama setiap hari selama bulan Ramadhan sudah menjadi tradisi bagi civitas akademika Universitas Dharmawangsa (Undhar) Medan.

Suasana hangat penuh rasa kekeluargaan terjalin saat jajaran pimpinan universitas, pengurus yayasan, dosen dan staf pegawai serta mahasiswa menikmati hidangan iftar (berbuka puasa) di kampus Undhar, Jalan KL Yos Sudarso Medan.

Ada menu khas yang sudah melekat dan menjadi tradisi berbuka puasa di Undhar. Selain menyuguhkan kurma, kue dan buah untuk membatalkan puasa, bubur
kanji rumbi merupakan menu khusus dan wajib ada dalam hidangan berbuka puasa bersama di Undhar.

Kanji rumbi adalah sejenis bubur dengan citarasa unik di provinsi Aceh, mirip dengan bubur ayam yang dijual di daerah lain Indonesia.

Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa H Muzakkir SE, saat ditemui di sela-sela acara berbuka puasa bersama, Jumat (23/4/2021) mengakui, bubur kanji rumbi memang menu khas berbuka puasa bersama di Undhar.

Pria keturunan Aceh ini menjelaskan, orang-orang yang berpuasa di Aceh terbiasa memakan bubur kanji rumbi yang kaya rempah. Sensasi hangat dari bubur dan rempah, dipercaya bisa membuat perut yang seharian kosong menjadi ‘tenang’. Karena kandungan rempah dan bubur yang teksturnya cair kental, perut yang seharian kosong karena puasa menjadi terisi. 

Tambah dia, bumbu bubur kanji rumbi ini terpengaruh oleh tradisi India, sehingga ada rempah yaitu kapulaga hijau. Ada 10 rempah yang dipakai untuk membuat bubur ini. Banyaknya rempah yang dipakai, bubur ini tidak terlihat berwarna putih seperti bubur pada umumnya.

“Warnanya agak kecokelatan karena pengaruh aneka rempah,” kata Muzakkir.

Kendati disebut bubur kanji, tapi kanji rumbi dimasak dengan berbahan utama beras dan rempah-rempah sebagai pelengkap rasanya. Lazimnya kanji rumbi juga dicampur dengan udang dan potongan daging. Bubur kanji rumbi makin “maknyos” jika dipadukan dengan anyang.

Didampingi Sekretaris Yayasan Dra Farida Hanum Nasution MAP, Muzakkir menuturkan, kegiatan rutin tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi keluarga besar Undhar.

Berbuka puasa bersama di Undhar, kata Muzakkir, mengusung tema “Nikmatnya Bersyukur, Indahnya Berbagi”.

Wakil Rektor (Warek) III Muhammad Amri Nasution SE MSi menyebutkan, Undhar juga rutin menggelar kegiatan berbagi di luar bulan Ramadhan.

“Undhar berbagi supaya perguruan tinggi ini berkah dan dilakukan setiap Jumat,” kata Amri Nasution didampingi Warek II Drs H Eddy Iskandar Ak MM.

Disebutkannya, dalam paket bantuan Undhar berbagi itu berisikan beras, minyak, gula, teh, uang dan nasi kotak yang merupakan sumbangan dosen dan pegawai di lingkungan kampus.

Bantuan lain dari Dharmawangsa Peduli juga diberikan beasiswa kepada 100 mahasiswa bidik misi, beasiswa yayasan dan beasiswa prestasi di 7 fakultas dan 12 program studi serta keringanan uang kuliah mahasiswa yang menunggak akibat terdampak Covid-19.

Rangkaian acara berbuka puasa diisi dengan menggelar pengajian bagda zuhur. Setelah berbuka puasa, dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah, makan malam, sholat isya dan tarawih yang diisi ceramah agama.

Sholat Idul Fitri bersama keluarga besar Universitas Dharmawangsa dan masyarakat sekitar juga diadakan di kampus.

“Sholat Idul Fitri dan Adha digelar tiap tahun di kampus, kecuali tahun lalu akibat pandemi Covid-19,” kata Amri Nasution.

Eddy Iskandar menambahkan, pelaksanakan rangkaian berbuka puasa dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Berbuka puasa di Undhar juga dihadiri Rektor Undhar Dr H Zamakhsyari bin Hasballah Thaib Lc MA, Warek I Dr Rahmat Hidayat MA, Direktur Pascasarjana Dr H Kusbianto SH MH, pimpinan fakultas dan beberapa mahasiswa. (Nas)

Print Friendly