Diikuti 33.448 Peserta, UTBK-SBMPTN USU Sesuai Prokes

Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi didampingi para wakil rektor dan sejumlah pejabat utama USU meninjau pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021, Senin (12/4).

KANALMEDAN – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin meninjau langsung pelaksanaan hari pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, di sejumlah lokasi, Senin (12/4/2021).

Hasil peninjauan rektor, UTBK SBMPTN di USU berjalan lancar dan sesuai standar protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan UTBK, USU menyediakan infrastuktur dan prasarana seperti tempat cuci tangan, drop zone, alat pengukur suhu, hand sanitizer, masker dan sarung tangan. Terdapat pula ruang tunggu atau transit yang memadai untuk physical distancing.

Rektor dalam peninjauan ini didampingi para wakil rektor, dekan dan sejumlah pejabat utama USU.

”Dalam pelaksanaan UTBK tahun ini penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian utama. Dan peninjauan hari ini guna memastikan telah terpenuhinya semua standar protokol kesehatan tersebut,” kata rektor usai meninjau pelaksanaan UTBK di kampus USU.

Mury — sapaan akrabnya — mengatakan, pelaksanaan UTBK semuanya berjalan lancar, meski sempat terkendala ada listrik yang padam, namun, dapat segera diatasi. “Semoga dalam pelaksanaan UTBK sampai dengan berakhirnya nanti semua berjalan dengan aman, baik dan tertib,” katanya.

Rektor juga memberikan semangat kepada peserta untuk mengikuti pelaksanaan ujian secara baik dan optimal. “Protokol pencegahan Covid-19 harus tetap menjadi prioritas,” jelasnya.

Ia berharap, seluruh peserta maupun pengawas dapat menjalankan peran dan tugas mereka masing-masing, untuk mendukung kelancaran selama ujian berlangsung.

Dia mengatakan, jumlah peserta UTBK-SBMPTN 2021 di USU sebanyak 33.448 orang. Ujian ini berlangsung dalam dua gelombang. Di mana, gelombang pertama digelar 12-18 April dan gelombang kedua pada 26 April-2 Mei 2021.

“Secara umum berjalan lancar. Paling peserta yang ketinggalan nomor peserta, ada yang ketinggalan peralatan, tapi sejauh ini UTBK sudah berjalan dengan baik dan lancar,” katanya.

Di kesempatan itu, Rektor juga menyiratkan tak ada joki atau gacok yang menunggangi UTBK ini. Pasalnya, setiap peserta diberi soal yang berbeda-beda.

“Enggak ada gacok itu lagi, gimana caranya? gak ngerti lagi. Kalau kayak gini gak ngerti. Jadi tiap komputer itu kan beda soalnya. Jadi dia punya password sendiri, dikasih pada saat peserta duduk di komputer dia bertempat. Jadi pada saat dia duduk di komputer itu, ketika dia masukkan identitasnya, langsung keluar password. Tadi saya lihat, antara satu meja dengan meja yang lainnya, soalnya beda itu,” tandasnya.

Dr Muryanto Amin mengatakan , dari 33.448 peserta rinciannya Saintek 16.739 orang dan Soshum 13.822 orang serta Campuran 2.887 orang. Jumlah Pengawas yang terlibat 750 orang. ”Untuk jalur ini daya tampung USU 2.454 orang,” katanya. (Nas)

Print Friendly