BWI Perwakilan Sumut Dorong Umat Islam Wakaf Uang


KANALMEDAN – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Sumatera Utara akan mendorong  umat islam  berwakaf uang. Melalu gerakan ini diharapkan akan dapat  mengentaskan berbagai persoalan sosial kemasyarakatan secara langsung.

Hal tersebut disampaikan  Ketua BWI Sumut, Drs. H Syariful Mahya Bandar, M.AP di ruang kerjanya, Asrama Haji Medan, usai menggelar silaturahmi perdana pengurus baru BWI Sumut, Selasa (16/2).

Menurut mantan Kakanwil Kemenagsu ini,  salah satu program prioritas agar wakaf uang yang di masa Presiden SBY  pernah dicanangkan dapat menjadi gaya hidup positif dalam kehidupan sehari-hari.

Wakaf uang yang terkumpul di masa sebelumnya, kata Mahya,  telah disalurkan untuk kemaslahatan umat senilai Rp. 150 juta yang dialokasikan pada Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, beasiswa, masjid, anak yatim dan lain sebagainya.

Mahya Bandar didampingi Ketua Dewan Pertimbangan Prof. Dr. H.M Yasir Nasution, Wakil Ketua Dr. H. Arso dan Sekretaris Drs. H. Jaharuddin berkomitmen untuk memperjuangkan, menyelamatkan dan mengembangkan aset umat yang telah diwakafkan umat agar dapat dirasakan manfaatnya oleh umat secara langsung.

Kemudian, wakaf uang yang diberikan umat  islam akan masuk ke rekening BWI, dan tidak ada kaitan dengan rekening pemerintah katanya. Ke depan juga akan disusun format baku dalam pengelolaan wakaf, pemetaan terhadap wakaf produktif agar tidak terlantar dan diharapkan dapat memberi kemaslahatan  umat.

Mahya Bandar juga mengakui bahwa persoalan wakaf  laksana gunung es, yaitu persoalan yang tidak selesai sangat jauh lebih banyak dari pada yang nampak di permukaan.

Karena itu, kata mantan Direktur Keuangan Haji Kementerian Agama RI ini, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan Kakanwil Kemenagsu Drs. H Syahrul Wirda bersama jajarannya. (Sor)

Print Friendly